Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Revo Absolute 110

gambar honda revo absolute 110
Honda Absolute Revo 110

Ratukorex.club – Honda Revo Absolute 110 pernah menjadi motor bebek yang cukup laris dimasanya karena harga motor ini cukup terjangkau dan performa mesinnya juga cukup mumpuni serta irit BBM tentunya.

Honda Absolute Revo 110 memiliki mesin yang tidak jauh berbeda dengan para pendahulunya, yaitu menggunakan mesin 4 langkah SOHC yang mampu menghasilkan daya 8,46 PS/7.500 rpm dengan torsi maksimum 0,86 kgf.m/5.500 rpm.

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, tapi pengguna Honda Absolute Revo ternyata masih cukup banyak, terutama diwilayah pedesaan.


Karena sudah termasuk motor tua, tentunya performa motor ini sudah tidak maksimal, apalagi kapasitas mesinnya hanya 110 cc dan pastinya kalah jauh dengan motor-motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan teknologi terbaru dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Tapi sebetulnya performa mesin Absolute Revo 110 masih bisa ditingkatkan lagi dengan beberapa cara untuk memaksimalkan tenaga dan kecepatannya.

Berikut ini cara mudah meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Absolute Revo 110:

1. Piston

Ukuran Piston/Seher sangat berpengaruh pada performa mesin sepeda motor karena menentukan kapasitas mesinnya, apalagi kapasitas silinder Honda Revo hanya 110 cc tentu performanya kalah dengan motor-motor yang kapasitas mesinnya lebih besar.

Piston standar Honda Revo hanya berukuran 50 mm, jadi untuk meningkatkan tenaga dan kecepatannya maka pistonnya harus diganti untuk memperbesar kapasitas silindernya.

Kita bisa menggunakan piston milik Honda Sonic 125 cc oversize 0.50 yang berdiameter 58,5 mm. Jika menggunkan stang seher standar Revo akan menghasil kan vulume silinder sebesar 149 cc dengan rumus (3,14 x Diameter bagi 2 x panjang stang seher).

Contoh: 3,14x29,25 mm x 29,25 mm x 55,6 mm = 149,367,5235 cc. 3,14 itu rumus mutlak untuk lingkaran, 29,25 itu hasil pembagian 2 dari 58,5 mm, dan 55,6 itu panjang stang seher/lengan ayun.

2. Stang Seher

Panjang atau langkah stang seher juga sangat berpengaruh pada power mesin yang dihasilkan. Untuk memaksimalkan performa mesin Honda Revo Absolute, kita bisa menggunakan stang seher milik Honda Kharisma 125D atau Supra X 125 yang memiliki ukuran panjang 58,8 mm.

Jadi jika digabungkan dengan ukuran diameter piston Honda Sonic 125, maka kapasitas silindernya akan menjadi  157,964,2155 cc (157 cc), berati naik 47 cc dari standarnya.

3. Durasi Noken As

Durasi Noken As/Camshaft berpengaruh pada kerja klep/katup untuk mengalirkan campuran bahan bakar dan udara ku ruang bakar serta pembuangan gas sisa pembakaran. Jadi durasi yang ideal setelah ganti piston dan stang yaitu 360 derajat untuk IN dan 380 derajat untuk EX.

4. Klep

Kinerja klep/katup sangat berpengaruh pada performa mesin motor 4 tak. Oleh karena itu, untuk lebih memaksimalkan performa mesin Honda Absolute Revo sebaiknya klep juga diganti.

Untuk katup IN atau katup masuk bisa menggunakan klep standar Honda Revi Fit karena ukurannya cukup lebar, dan untuk katup EX atau katup buang bisa menggunakan klep milik Suzuki Thunder 125.

Masalah Honda Revo Absolute untuk sektor katup sebetulnya hanya pada katup EX, karena katup EX milik Revo Absolute terlalu kecil jika dibandingkan dengan jumlah bahan bakar yang masuk dan terbakar. Jadi dengan melebarkannya maka dapat meningkatkan power mesinnya.

5. Kopling

Untuk sektor kopling masih bisa menggunakan kopling standar Revo dengan memodifikasi blok atau rumah kopling luar menjadi kopling manual atau kopling tangan.

Karena kopling Revo masih menggunakan plat per kopling, bukan per kopling, jadi sebaiknya gunakan plat per kopling dengan ukuran 5 mm. Meskipun tarikan tuas kopling menjadi agak keras/berat tapi hentakan mesinnya menjadi lenih galak.

Sedangkan untuk kanvas koplingnya bisa menggunakan merk TDR G-Force 1. Untuk Revo menggunakan 3 kanvas kopling.

6. CDI dan Koil

CDI berfungsi untuk mengatur batasan putaran mesin sedangkan koil berfungsi sebagai pengubah arus dari pulser yang dialirkan ke CDI yang ber type AC Menjadi DC dan mengalirkannya ke busi.

CDI standar Revo hanya berbatas 15.000 Rpm (Rotation Per Minute), jadi sebaiknya ganti dengan CDI Suzuki Shogun Kebo yang berkapasitas 19.000 Rpm (Rotation Per Minute).

Semakin tinggi batasan RPM CDI maka semakin panjang dan semakin tinggi power mesin sepeda motor. Dan untuk koil bisa diganti dengan koil merk KTC BlueThunder.

7. Busi

Busi merupakan isolator penghantar listrik dari pulser yang di ubah di CDI dan di alirkan ke koil yang tadinya berupa aliran listrik menjadi percikan bunga api untuk memicu pembakaran didalam ruang bakar.

Percikan bunga api yang dihasilkan busi standar kurang besar dan kurang fokus sehingga pembakaran tidak berlangsung dengan sempurna, apalagi jika mesin sudah dimodifikasi. Jadi untuk memaksimalkan proses pembakaran sebaiknya gunakan busi iridium atau busi racing.


8. Kompresi dan lubang IN dan EX

Kompresi mesin sangat berpengaruh pada akselerasi atau tarikan awal mesin. Lubang IN dan EX dikepala silinder berfungsi untuk mengalirkan campuran bahan bankar dan udara bahan bakar dan untuk mengalirkan gas buang sisa pembakaran.

Untuk menaiikan kompresi, papas bagian kepala silinder sebesar 0,8 mm, sedangkan untuk lubang IN dilebarkan sebanyak 2 mm dan lubang EX dilebarkan 1,5 mm.

9. Knalpot

Knalpot standar Honda Revo ukuran pipanya terlalu kecil sehingga gas buang sisa pembakaran tidak bisa terbuang dengan cepat. Jadi sebaiknya ganti knalpot standarnya dengan knalpot model freeflow agar performa mesin lebih maksimal.

10. Main jet dan Pilot Jet

Main Jet dan Pilot Jet berfungsi sebagai pengatur bahan bakar dan udara yang terhisap oleh karburator untuk disuplai ke dalam ruang bakar.

Ukuran Main Jet standar Honda Revo adalah 88 dan Pilot Jetnya 35. Untuk mengimbangi modifikasi yang sudah dilakukan pada sektor mesin sebaiknya rubah ukuran Main Jet menjadi 93 dan Pilot Jet menjadi 40.

Dengan modifikasi tersebut, mesin Honda Revo Absolute yang tadinya hanya berkapasitas 110 cc akan meningkat menjadi 157 cc, dan performa mesinnya juga akan meningkat drastis bahkan bisa mengalahkan Suzuki Satria 150FU standar.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara mudah meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Revo Absolute 110 yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel Ratu Korex lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Revo Absolute 110"