Korekan harian yang aman untuk Suzuki Satria FU karbu
Ratukorex.club – Suzuki Satria FU karbu sangat populer pada masanya dan merupakan sepeda motor Suzuki yang penjualannya paling laris. Kebanyakan pengguna Satria FU adalah para remaja yang menyukai motor berkecepatan tinggi, karena motor ini adalah motor 4 tak 150cc yang memiliki akselerasi dan kecepatan paling unggul dibanding motor-motor lain dikelasnya.
Tapi bukan anak muda namanya kalau hanya puas dengan performa standar motor tunggangannya meskipun sebetulnya performa standar Satria FU sudah cukup gahar. Untuk meningkatkan performa mesin Satria FU sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan mengganti part-part standar dengan part racing pasti motor jadi kenceng. Tapi masalahnya biaya yang diperlukan untuk itu tentunya tidak sedikit karena harga part racing termasuk cukup mahal dan sayang kalau motor hanya dipakai untuk harian saja.
Untuk motor yang hanya dipakai sebagai kendaraan harian sebainya tidak perlu memakai part racing untuk meningkatkan performanya, tapi cukup melakukan beberapa settingan dan modifikasi ringan saja untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan motor. Selain aman untuk motor harian juga tidak memerlukan biaya yang besar.
Berikut ini korekan harian yang aman, mudah dan murah untuk meningkatkan performa Satria FU karbu:
1. Karburator
Ganti pilot jet dengan ukuran 17.5 (bisa menggunakan pilot jet milik Suzuki Shogun) untuk memperbesar supali bahan bakar dari karburator ke ruang bakar. Atau ganti karburator milik RX King karena harganya cukup murah, dan bisa langsung dipasang ke intake manifold dan filter udara standar Satria FU.
Untuk kombinasi spuyernya yaitu pilot jet 20 dan main jet 135 dengan setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (tapi setiap motor bisa berbeda stelannya). Posisi klip jarum skep dipasang pada ulir nomor 2 dari atas.
Selain memakai karburator RX King, bisa juga memakai karburator Honda NSR SP (Keihin PE 28) tapi harganya lebih mahal. Kalau sudah ganti karburator RX King atau PE 28 sebaiknya pasang kran bensin model kompresor untuk menggantikan aslinya yang model vakum agar bensin tidak banjir.
2. Kompresi
Lepas paking pada head silinder, cukup pakai 1 lapis saja yang tengah. Dengan cara ini berarti rasio kompresi akan naik dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Kalau mau dinaikkan lebih tinggi lagi, paking pada blok silinder bawah bisa dilepas dan tidak usah memakai paking, cukup memakai lem paking saja, tapi paking pada head silinder tetap dipasang 1 lapis.
3. Porting polish
Untuk meningkatkan efisiensi volumetriknya, porting lubang in dan out, masing-masing diameternya diperbesar 1 mm.
4. Klep
Majukan gigi TOP 1 mata untuk memajukan waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi settingannya, klep masuk dimajukan 1 mata dan klep buang dimundurkan 1 mata. Tujuannya untuk mengoptimalkan proses pembilasan di putaran tinggi, tapi kerenggangan klep harus dibuat lebih sempit, untuk in menjadi 0,07 mm dan out 0,1 mm dari ukuran standarnya dengan cara memainkan ketebalan shim-nya sesuai yang dibutuhkan.
5. Filter udara
Kalau sudah ganti karbu RX King atau PE 28, lepas saringan udara tapi box filternya tetap dipasang dan tetap tersambung ke karburator. Tapi kalau masih memakai karbu standar sebaiknya saringan udara jangan dilepas, tapi kertas saringannya di lubangi dibeberapa bagian untuk memperlancar aliran udara.
6. Koil
Potong kabel koil 2 cm untuk mengurangi resistensi kabel sekitar 10%. Cara ini bisa membuat pengapian lebih maksimal.
7. Busi
Pakai busi iridium karena percikan api yang dihasilkan lebih besar dan fokus sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Kalau mau tetap memakai busi standar celah kerenggangannya diatur lagi menjadi 0,9 - 1 mm.
8. Knalpot
Ganti knalpot free flow atau knalpot racing karena selain membuat tampilan motor menjadi lebih sangar dengan suara yang gahar, juga dapat meningkatkan performa mesin.
9. As roda
Majukan posisi as roda pada stelan kekencangan rantai mentok paling depan, kalau perlu potong dua mata rantainya untuk memperpendek jarak poros roda depan dan belakang agar motor lebih lincah bermanuver. Manfaat lainnya bisa mengurangi suara berisisk karena rantai beradu dengan lengan ayun.
10. Per kopling
Ganti per kopling racing atau kalau mau pakai per kopling standar diganjal dengan ring atau potongan per kopling dengan ketebalan 1 mm. Tujuannya agar per kopling lebih kaku sehingga tenaga mesin jadi lebih nendang ketika kopling dilepas.
11. Pulser
Geser sudut pengapian dengan menggeser posisi pulser 1 - 2 mm. Cara ini di anggap paling sederhana dan mudah dilakukan untuk memaksimalkan performa mesin motor. Tapi kalau mau hasilnya lebih maksimal, ganti CDI dan koil racing.
Baca juga:
Demikian sedikit imformasi tentang korekan harian yang aman untuk Suzuki Satria FU karbu. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Korekan harian yang aman untuk Suzuki Satria FU karbu"