Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah memperbaiki aki kering pada motor atau mobil yang soak

(Berbagai merk aki kering dan aki basah)

Aki/Accu merupakan salah satu komponen penting pada motor atau mobil karena fungsinya bukan hanya untuk menghidupkan lampu dan kelistrikan lainnya saja tapi juga untuk menghidupkan mesin. Apalagi untuk mesin-mesin sekarang yang sudah menggunakan teknologi injeksi, peran aki menjadi sangat vital karena kinerja dari komponen-komponennya yang menggunakan banyak sensor mutlak memerlukan aliran listrik yang bersumber dari aki.

Sebagai sumber kelistrikan, fungsi aki pada motor atau mobil harus diperhatikan karena jika komponen ini rusak, maka kendaraan akan lumpuh terutama kendaraan yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Ada dua jenis aki yang digunakan pada kendaraan yaitu aki basah dan aki kering. Tapi saat jenis aki kering lebih banyak digunakan karena memiliki lebih banyak keunggulan dibanding aki basah.

Aki kering memiliki umur pemakaian yang lebih awet dibanding aki basah dan perawatannya juga lebih mudah serta memiliki tegangan listrik yang lebih stabil. Tapi walaupun pada dasarnya aki kering lebih awet dibanding aki basah tapi jika penggunaannya tidak tepat atau berlebihan, aki ini juga bisa mengalami kerusakan (soak) meskipun umur pemakaiannya belum lama.

Anggapan selama ini bahwa aki kering yang rusak atau soak tidak bisa diperbaiki sebetulnya kurang tepat, karena sebetulnya aki kering masih dapat diperbaiki asalkan kondisi sel-nya masih baik sehingga nantinya dapat menyimpan tegangan listrik lagi. Tapi jika kondisi sel-nya sudah rusak parah memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan harus diganti dengan aki baru.

Setiap sel pada aki kering dapat menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 Volt. Jadi kalau di total maka 6 sel akan menghasilkan tegangan listrik sebesar 12 volt.

Berikut ini cara memperbaiki aki kering yang soak:

Peralatan yang dibutuhkan:


- Air aki zuur khusus untuk mengisi aki baru, bukan air aki yang untuk menambah cairan aki.

- Obeng minus (-) atau pencukit lainnya untuk membuka cover aki kering bagian atasnya.

- Kain lap untuk mengelap jika ada cairan yang menetes ke body kendaraan.

- Sealent atau bisa juga memakai lem plastik/lem tembak untuk merekatkan kembali sisi-sisi penutup aki.

- Alat suntikan tinta printer atau sejenisnya untuk memasukan air aki zuur kedalan box aki kering.

Langkah-langkah untuk memperbaiki aki kering:

- Lepaskan aki kering dari tempatnya.

- Buka penutup aki menggunakan pencukit. Lakukan secara hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut. Umumnya pada sisi atas aki ada tulisan "Do Not Open" artinya jangan dibuka, tapi untuk memperbaikinya kita harus tetap membukanya. Kita juga harus membuka bagian samping dan bagian belakang dari penutup aki kering agar bisa memasukan air aki zuur kedalam box aki.


- Lepaskan penutup aki kering menggunakan obeng atau alat lainnya. Setelah terbuka akan terlihat enam lubang yang dipakai untuk menyimpan air aki (zuur).

- Sebelum memasukkan air aki, cek dulu kondisi sel-sel yang berada pada setiap lubangnya. Kalau kondisinya masih bagus kita bisa memasukan air aki melalui lubang-lubang tersebut. Pada lubang-lubang tersebut biasanya terdapat penutup karet, jadi kita harus melepasnya terlebih dahulu sebelum memasukkan air aki zuur kedalam box aki.

- Setelah dipastikan kondisi sel-nya masih bagus, masukan air aki zuur sesuai kapasitas yang dapat ditampung setiap lubangnya dan sisakan sedikit ruang agar nantinya air aki tidak tumpah. Masukkan air aki zuur dengan hati-hati agar tidak mengenai body atau cat kendaraan.


- Setelah semua lubang terisi air aki, lalu pasang kembali penutup akinya dan di lem agar merekat kuat dan tidak bocor. Pastikan semua lubang tertutup rapat agar udara tidak masuk ke dalam lubang aki. Pastikan juga tidak ada kebocoran karena dapat menyebabkan terjadinya konsleting.

- Setelah semua pentup body aki terpasang rapi dan rapat, kemudian aki kering di Charger dulu untuk mengisi tegangan listrik. Cara pengisian aki kering bisa dengan menghubungkan aki kering yang baru diperbaiki tersebut dengan aki motor atau mobil yang normal (Jumper) untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter. Bisa juga menggunakan trafo cas (Charger Transformator).


- Jika aki sudah terisi tegangan listrik, selanjutnya tinggal dipasang lagi pada kendaraan untuk untuk melakukan starter dan kemudian aki akan terisi secara otomatis melalui kiprok dari kendaraan itu sendiri.


Demikian informasi tentang cara mudah memperbaiki aki kering pada motor atau mobil yang soak. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah memperbaiki aki kering pada motor atau mobil yang soak"