Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Tiger

Honda Tiger

Ratukorex.club – Honda Tiger 2000 merupakan salah satu motor naked Honda yang pernah berjaya pada akhir tahun 90-an sampai era 2000-an. Meskipun Honda Tiger tidak lagi diproduksi tapi motor ini masih banyak peminatnya sampai saat ini.

Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 sampai tahun 2006 dan selama periode tersebut Honda Tiger 2000 dibagi menjadi dua, yaitu Super Cruiser dan New Super Cruiser. Kemudian generasi kedua hadir setelah tahun 2006 dengan nama Honda Tiger Revolution Cruiser. Generasi ini hadir pada tahun 2006 sampai 2008. AHM saat itu mulai merombak bagian desain body dan juga mesinnya.

Honda Tiger generasi berikutnta hadir dengan tag line “Legendary Ride, New Spirit” dengan perubahan yang cukup mencolok, yaitu dibagian headlamp, shroud sampaing, instrument cluster, tail light dan muffler.

Meskipun sudah tidak diproduksi lagi tapi penggemar Honda Tiger masih cukup banyak hingga saat ini, bahkan komunitas-komunitas Honda Tiger juga masih cukup banyak dan tetap exis. Hal itu menunjukkan jika popularitas Honda Tiger tidak lekang dimakan waktu.

Meskipun termasuk motor tua tapi performa mesin Honda Tiger masih bisa bersaing dengan motor-motor keluaran terbaru asalkan kondisi mesin dan komponen-komponen pendukungnya masih dalam kondisi bagus. Mesin Honda Tiger juga mudah dimodifikasi untuk meningkatkan tenaga dan kecepatannya.

Untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Tiger sebetulnya tidak perlu melakukan ubahan yang ekstrim pada sektor mesin seperti stroke up karena hal itu kadang juga tidak dapat mendongkrak performa Honda Tiger secara signifikan jika tidak didukung dengan modifikasi pada sektor-sektor lainnya.

Untuk meningkatkan performa Honda Tiger cukup dengan melakukan modifikasi ringan pada tiga komponen saja, yaitu Karburator, pengapian dan Knalpot. Dengan memaksimalkan kinerja dari ketiga komponen tersebut saja sudah bisa meningkatkan performa Honda Tiger asalkan kondisi komponen-komponen mesin yang lain masih bagus.

Berikut ini modifikasi ringan untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan Honda Tiger:

1. Karburator


Karburator bawaan Honda Tiger memang kelihatan besar tapi secara venturi sebetulnya termasuk biasa kecuali jika direamer sampai mentok. Tapi karena Honda Tiger termasuk sudah tua jadi kemungkinan kinerja Karburator juga sudah tidak bisa maksimal meskipun direamer. Jadi sebaiknya Karburator diganti baru dengan produk after market, misalnya Karburator PE28 (bisa direamer ke 31mm), Karburator UMA 32 mm atau merk-merk lainnya yang banyak tersedia dipasaran.

2. Knalpot


Saluran pembuangan yang lancar tentu akan memperbaiki cylinder scavenging dan tidak ada lagi sisa gas ledakan sehingga ruang bakar dapat menerima  pasokan bahan bakar yang fresh denhan volume yang lebih besar dan tentunya akan menghasilkan akselerasi yang ringan dan tenaga yang lebih besar.

Untuk memperlancar saluran pembuangan sebaiknya ganti Knalpot dengan model free flow karena selain membuat suara motor menjadi lebih gahar juga dapat meningkatkan performa mesin Honda Tiger. Selain itu tampilan motor juga menjadi lebih keren karena tersedia banyak pilihan modelnya.

3. Pengapian


Selain Karburator dan Knalpot, sektor pengapian juga harus dimaksimalkan agar bisa mengimbangi pasokan bahan bakar yang lebih banyak dari karburator sehingga campuran bahan bakar dan udara yang masuk kedalam ruang bakar bisa terbakar dengan sempurna. Dengan sedikit advance timing pengapian juga sudah dapat meningkatkan sensasi akselerasi mesin yang lebih ringan. Dengan melakukan modifikasi ringan di tiga sektor tersebut sudah bisa meningkatkan performa Honda Tiger.

Tapi jika menginginkan performa yang lebih maksimal memang perlu melakukan modifikasi pada sektor dapur pacu, yaitu dibagian cylinder block dan cylinder head, tapi kondisi kruk as harus benar-benar masih sehat. Jika stang piston sudah kena lebih baik sekalian untuk mengganti connecting rod dan bearingnya.

Bagi yang lebih suka stroke standard, maka opsi modifikasi sama seperti pada motor-motor lain yaitu dengan Bore up karena dengan memperbesar jantung dapur pacu akan memperbaiki efisiensi volumetrik mesin secara instan.

Liner cylinder Honda Tiger bisa dipasang piston diameter 66 mm dengan aman. Ada banyak pilihan piston aftermarket dengan ukuran tersebut atau bisa juga menggunakan piston Honda Megapro oversize 200 mm. Tapi jika ingin performa Honda Tiger lebih maksimal memang sebaiknya menggunakan piston racing karena lebih ringan dan lebih kuat. Dengan penggunaan piston diameter 66 mm maka volume cylinder sudah meningkat menjadi 212 cc.

Penyesuaian juga perlu dilakukan pada head dengan porting polish head. Porting pada head cylinder memang tidak banyak tapi kuncian dan posisi bagian yang diambil akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin Honda Tiger. Yang paling banyak tentu efek dari back cut valve atau memapas profil punggung klep untuk menambah aliran udara masuk kedalam silinder saat klep terangkat. Meskipun diameter klep masih standard tapi hasilnya tidak kalah dengan klep berdiameter besar.

Yang kedua adalah sudut-sudut pada seating klep. Klep standar pabrik kadang sudah memiliki profil valve seat yang bagus tapi karena usia penggunaan kadang sudut dudukan klep menjadi berubah. Yang perlu dilakukan adalah merapikan valve seat angle terlebih dahulu baru membentuknya pada area porting.

Baca juga:

Penyebab dan cara mengatasi rem tromol sepeda motor yang kurang pakem

Pentingnya mengganti oli gardan pada motor matic

Cara membuat kopling motor lebih enteng

Demikian informasi tentang Cara mudah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Tiger. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Tiger"