Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu tanpa bore up
![]() |
Honda Beat Karburator |
Ratukorex.club – Honda Beat karbu pernah menjadi motor matic paling laris dipasaran Indonesia sebelum munculnya generasi skutik injeksi. Tapi meskipun sudah tidak diproduksi lagi, motor ini masih banyak diminati hingga saat ini meskipun performa mesinnya sudah kalah dengan motor-motor keluaran terbaru.
Rata-rata performa Honda Beat karbu memang sudah kurang maksimal dan cenderung boros BBM karena sudah termasuk motor lama, apalagi jika motor tidak dirawat dengan baik. Tapi kelebihannya, performa Honda Beat karbu lebih mudah ditingkatkan dengan hanya melakukan beberapa modifikasi ringan dibanding Honda Beat injeksi, sehingga akselerasi dan kecepatannya bisa mengimbangi motor-motor keluaran terbaru.
Salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu adalah Bore up untuk meningkatkan kapasitas mesinnya. Tapi cara ini tergolong cukup ekstrim dan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena kapasitas mesinnya bertambah maka pasokan bahan bakar juga harus menyesuaikan.
Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan Bore up sebaiknya pertimbangkan dulu baik dan buruknya sesuai peruntukan motor. Jika motor hanya dipakai untuk kendaraan harian sebaiknya tidak perlu di Bore up, cukup lakukan modifikasi ringan saja untuk memaksimalkan performa motor tapi mesin masih tetap standar pabrikan.
Berikut ini cara meningkatkan top speed Honda Beat karbu tanpa Bore up:
1. Roller
Cara paling mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu yaitu dengan menyetting ulang CVT. Cukup ganti roller 10 gram dari standartnya 12 gram. Ada banyak pilihan merk yang ada dipasaran, seperti merk Kawahara, TDR, CLD, KTC, dan lainnya. Dengan roller yang lebih ringan maka akselerasi motor akan menjadi lebih responsif. Perbesar juga lubang roller standar Honda Beat menjadi diameter 5 - 6 mm agar beban roller berkurang.
2. Karburator
Langkah selanjutnya untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu adalah setting ulang karburatornya dengan memperbesar ukuran spuyernya untuk menambah pasokan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar.
Tapi jika ingin performa mortor lebih maksimal sebaiknya ganti karburator standar dengan karburator Keihin ventury 24 atau karburator PE 28. Dengan menggunakan karburator tersebut filter udara bawaan motor masih tetap bisa digunakan. Ukuran spuyernya diganti dengan ukuran 38/108 kemudian lakukan penyetelan skrup udara agar proses pengabutan bahan bakar menjadi lebih sempurna.
3. Kompresi
Untuk membuat akselerasi motor lebih ringan dan bertenaga, rasio kompresi juga perlu ditingkatkan agar pada saat gas dibuka dengan spontan maka tarikan motor terasa ringan dari dari RPM bawah sampai RPM atas. Cara mudah untuk meningkatkan rasio kompresi Honda Beat karbu adalah dengan mengganti piston standar dengan piston standar milik Honda Vario 110 karena bentuk kepala pistonnya lebih jenong 1 mm, dengan begitu rasio kompresi akan naik.
4. Pengapian
Untuk menyempurnakan modifikasi yang sudah dilakukan, maka kinerja komponen pengapian juga perlu dimaksimalkan. Karena jika mesin sudah di korek, maka putaran mesin dipastikan menjadi lebih tinggi dari standarnya. Dengan meningkatnya putaran mesin, maka CDI standar bawaan pabrik yang memiliki limiter tentunya kurang efektif lagi untuk digunakan.
Untuk itu, agar mesin Honda Bear karbu bisa menghasilkan tenaga yang maksimal sebaiknya CDI standarnya diganti dengan CDI racing dengan limiter lebih tinggi atau yang unlimiter. Ada banyak pilihan CDI racing yang tersedia dipasaran dengan berbagai macam merk.
5. Noken As
Untuk membantu buka tutup klep agar lebih cepat, noken as standar bawaan pabrik perlu diganti dengan produk racing dengan durasi 260 derajat. Penggunaan noken as racing akan menambah performa mesin cukup signifikan.
6. Knalpot
Untuk mengimbangi semua ubahan yang sudah dilakukan pada mesin dan komponen-komponen lainnya, maka knalpot standar bawaan pabrik perlu diganti dengan knalpot model free flow agar aliran gas buang menjadi lebih lancar sehingga performa mesin menjadi lebih maksimal.
Baca juga:
Cara mudah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Tiger
Penyebab dan cara mengatasi rem tromol sepeda motor yang kurang pakem
Pentingnya mengganti oli gardan pada motor matic
Demikian informasi tentang cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu tanpa bore up yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Honda Beat karbu tanpa bore up"