Cara membuat kopling motor lebih enteng
Ratukorex.club – Sepeda motor dengan transmisi dan kopling manual memang lebih mantab dikendarai karena akselerasinya lebih spontan dibanding motor matic dan motor bebek. Tapi seiring pemakaian seringkali kopling menjadi keras dan membuat tangan pegal ketika menarik tuas kopling, terutama saat kondisi jalan macet.
Fungsi kopling adalah untuk memutuskan dan menyambungkan putaran mesin menuju gearbox agar perpindahan gigi lebih halus. Cara kerja kopling memanfaatkan gaya gesek antara komponen plat kopling dan plat penekan dengan tenaga pegas yang kekerasannya disesuaikan dengan torsi mesin. Ketika menarik tuas kopling, tujuannya adalah untuk menarik beberapa pegas agar melepaskan cengkeraman plat penekan terhadap plat kopling sehingga putaran mesin terputus dengan gearbox.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kopling pada sepeda motor menjadi keras, antara lain:
1. Kabel kopling terjepit
Kebanyakan kopling sepeda motor masih menggunakan sistem mekanis, yaitu dengan memanfaatkan kawat kabel untuk menghubungkan tuas kopling dengan kopling. Kawat kabel ini terdiri dari dua komponen yaitu kawat fleksibel yang berfungsi sebagai penghubung tuas kopling dan selongsong yang berfungsi sebagai selubung dan tempat untuk pergerakan kawat fleksibel.
Oleh karena itu, posisi kawat kabel harus bebas atau lurus untuk meminimalisir gesekan antara seling dengan selubung tanpa terjadi pembelokan gaya. Meskipun kabel ini cukup kuat karena didalam selongsongnya terbuat dari logam tapi jika tertekuk terlalu ekstrim atau terjepit sampai membentuk patahan atau sudut, maka tuas kopling akan terasa berat karena pergerakan kawat kabel menjadi terhalang.
2. Selongsong kabel kopling robek
Selongsong kabel kopling terbuat dari logam baja yang dibungkus dengan karet. Jika karet pembungkusnya robek maka akan memicu timbulnya karat dan lama-kelamaan karat tersebut akan merapatkan jarak antara kawat dengan selongsong yang mengakibatkan gaya gesek kawat menjadi lebih sempit dan menyababkan tuas kopling menjadi keras.
3. Engsel tuas kopling berkarat
Karat tidak hanya timbul pada selongsong kabel kopling saja, tapi bisa timbul juga dibagian engsel tuas kopling. Biasanya saat pertama kali tuas ditarik akan terasa seret akibat endapan karat yang belum rontok.
4. Penggunaan per kopling racing
Per kopling racing memang diperuntukkan khusus untuk mesin motor yang sudah upgrade spesifikasi racing karena tenaga yang dihasilkan mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya cengkeram kopling yang lebih kuat. Jadi sebetulnya penggunaan per kopling racing tidak direkomendasikan untuk motor harian karena tekanannya lebih kuat sehingga akan membuat tuas kopling menjadi berat.
Cara membuat tarikan tuas kopling agar lebih ringan:
Untuk membuat tarikan tuas kopling menjadi enteng yaitu dengan mengetahui terlebih dulu apa yang penyebab tuas kopling menjadi berat. Periksa kondisi kabel kopling dengan seksama dan jika ternyata kabel kopling terjepit atau tertekuk maka harus diluruskan agar pergerakan kawat kabel menjadi lancar. Tapi jika kondisi selongsong kabel sudah parah sebaiknya diganti dengan yang baru dan atur posisi jalurnya agar bebas dari jepitan dan lekukan yang ekstrim.
Sebelum dipasang sebaiknya kawat kabel dilumasi dulu menggunakan minyak mesin jahit (singer). Jangan melumasi kawat kabel menggunakan oli mesin, apalagi oli bekas karena akan memicu timbulnya debu dan kotoran yang akan menyebabkan kabel kopling cepat seret.
Sedangkan untuk mengatasi seret yang terjadi pada engsel tuas kopling bisa dengan memberi pelumas pada bagian tersebut menggunakan oli yang paling encer atau menggunakan minyak singer.
Untuk masalah per kopling racing sebaiknya tidak di aplikasikan pada motor harian. Tapi jika sudah terlanjur menggunakan per kopling racing bisa diminimalisir dengan menyetel jarak main tuas kopling untuk menemukan posisi yang paling ringan dan dengan melumasi kawat kabel menggunakan minyak mesin jahit (singer). Cara yang lebih efektif adalah menggunakan set kopling hidrolis, tapi selain harganya cukup mahal, pemasangannya juga memerlukan beberapa modifikasi.
![]() |
Kopling Hidrolis |
Baca juga:
Demikian informasi tentang cara membuat kopling motor lebih enteng. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara membuat kopling motor lebih enteng"