Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi Kawasaki Ninja 150R brebet

(Kawasaki Ninja 150R)

Kawasaki Ninja 150R dan Ninja 150RR adalah motor 2 tak yang memiliki performa mesin luar biasa tapi tidak terlalu boros seperti kebanyakan motor 2 tak yang terkenal boros bahan bakar.

Hal itu berkat teknologi Super KIPS yang berfungsi menekan konsumsi bahan bakar pada kedua motor 2 tak andalan Kawasaki tersebut.

Pada saat putaran mesin dibawah 7.000 rpm, KIPS berfungsi menciptakan efek tendangan balik terhadap kabut gas yang tidak habis terbakar, sehingga bahan bakar tidak terbuang sia-sia kedalam saluran buang (knalpot), tapi dikembalikan lagi ke dalam ruang bakar melalui lubang transfer, sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.

Tapi begitu putaran mesin di atas 7.000 rpm, maka exhaust valve pengontrol akan menutup saluran balik kabut gas tadi untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih optimal. Teknologi ini berkerja secara mekanis berdasarkan putaran mesin.

Karena teknologi ini termasuk dalam sistem pembuangan, tentunya teknologi KIPS tersebut rawan terkena deposit/kerak hasil dari pembakaran, apalagi jika perawatannya kurang tepat atau tidak sesuai dengan standar pabrik, misalnya saja sering menggunakan oli samping yang kualitasnya kurang bagus atau motor terlalu sering dijalankan di putaran rendah (di bawah 7.000 rpm) sehingga kerak/deposit mudah menempel pada mesin.

Jika motor sering berlari di atas 7.000 rpm, deposit/kerak tidak akan mudah menempel pada komponen KIPS karena langsung terlempar keluar bersama gas buang.

Jika pada exhaust valve sudah terdapat banyak kerak yang menempel, akan membuat performa mesin Kawasaki Ninja 150R menjadi kurang maksimal. Biasanya pada putaran mesin di aras 7.000 rpm, mesin akan mbrebet karena gerak membuka exhaust valve tidak lancar akibat tertahan kerak/deposit.

Jika sudah begitu, maka komponen KIPS harus dibersihkan dari kerak-kerak yang menempel, terutama pada exhaust valve, reed valve, maupun rumah reed valve-nya, baik yang ada disebelah kiri atau sebelah kanan dari blok silinder dengan cara disemprot cairan perontok kerak (degreaser).

Setelah disemprot menggunakan cairan perontok kerak, diamkan dulu selama beberapa saat baru dibersihkan menggunakan kain lap yang bersih.

Agar proses pembersihan bisa maksinal, maka komponen KIPS harus dibongkar terlebih dulu. Untuk urutan pembongkarannya dimulai dari melepas cover body (fairing) kiri dan kanan, melepas valve cover boot, lever-nya, valve cover, valve lever dan masuk tahap pelepasan exhasut valve-nya. Kemudian dilanjutkan dengan membongkar reed valve dibagian kiri dan kanan blok silinder. Setelah itu baru dibersihkan.
(Mesin Kawasaki Ninja 150R)

Untuk menjaga agar kinerja mesin dan komponen-komponennya termasuk Super KIPS tetap maksimal, sebaiknya pada saat melakukan servis rutin ke bengkel resmi Kawasaki, mintalah pada mekaniknya untuk sekalian menservis sistem KIPS-nya. Karena item service KIPS biasanya tidak termasuk dalam item servis rutin biasa. Oleh karena itu, konsumen harus order sendiri.


Demikian informasi tentang cara mengatasi Kawasaki Ninja 150R brebet. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengatasi Kawasaki Ninja 150R brebet"