Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat RX King lebih irit tapi tetap bertenaga

Ratu Korex
Ilustrasi Yamaha RX King Modifikasi

Ratukorex.club - Yamaha RX King terkenal dengan tarikannya yang sangat galak dan juga kecepatannya yang tinggi. Tapi untuk mengimbangi tenaganya yang besar tersebut, RX King membutuhkan pasokan bahan bakar yang cukup besar, sehingga si raja jalanan ini memang terkenal boros BBM.

Resiko mengendarai RX King memang harus berani boros, tapi itu sepadan dengan adrenalin yang dirasakan ketika menggeber motor ini dijalan.

Tapi jika ingin lebih hemat, RX King juga bisa dibuat lebih irit tapi dengan beberapa resiko dan tentunya tidak bisa di ajak ngebut lagi.

Ada beberapa dampak negatif jika konsumsi BBM RX King dibuat lebih irit, antara lain:

• Mesin menjadi cepat panas.
• Suara mesin menjadi lebih kasar.
• Jika dibawa jarak jauh, mesin bisa mengalami over heating dan bisa menyebabkan piston ngancing/macet.

Selain dampak negatif tersebut, jika RX King dibuat irit akan membuat motor ini menjadi loyo dan tidak bertenaga. Jika siap dengan resiko di asapi motor-motor lain dijalan, maka ada beberapa cara untuk membuat RX King lebih irit BBM.

Berikut ini cara membuat RX King lebih irit BBM:

• Setting ulang karburator

Perkecil ukuran main jet agar suplai bahan bakar ke ruang bakar menjadi lebih sedikit. Tapi dengan memperkecil ukuran main jet akan membuat tenaga RX King menurun.

Cara memperkecil ukuran main jet bisa dengan menyumpal lubang main jet dengan sehelai kawat kecil atau kawat kabel di atur seperlunya. Atau dengan membeli main jet baru dengan ukuran yang lebih kecil.

Setelah main jet diganjal dengan kawat atau diganti dengan ukuran yang lebih kecil, langkah selanjutnya adalah menyetel bagian jarum skepnya.

Agar lebih irit, posisi klip dinaikkan dari posisi standarnya. Semakin ke atas maka motor akan semakin irit. Tapi ingat, semakin irit maka tenaganya akan semakin berkurang dan akan menyebabkan mesin cepat panas.

Setelah selesai kemudian stel campuran udara dan bahan bakarnya agar pas, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah dengan memutar skrup stelan udara yang ada disamping kiri karburator.


• Filter/saringan udara

Biasanya pemilik RX King akan melepas busa yang ada pada box filter udara atau bahkan melepas box filternya. Karena dengan melepas filter udara akan membuat tarikan RX King menjadi lebih enteng. Tapi hal itu akan membuat RX king menjadi lebih boros karena bensin dari karburator banyak yang menyembur keluar.

Agar lebih irit, pasang kembali box dan filternya sekalian. Sebelum dipasang, sebaiknya busa dibersihkan terlebih dulu dari debu dan kotoran yang ada. Setelah filter udara kembali dipasang, tarikan motor memang akan terasa berat, tapi bahan bakar menjadi lebih irit.

• Bersihkan blok dan kop silinder

Setelah urusan karburator dan filter udara beres, sebaiknya bagian blok dan kop silinder juga sekalian dibersihkan dari kerak-kerak yang menempel pada lubang-lubang dan permukaannya agar proses transfer dan bilas bisa berlangsung sempurna tanpa hambatan dan bisa menghasilkan performa lebih maksimal.

Jika ruang bakar bersih akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien dan membuat performa motor lebih maksimal. Jadi meskipun pasokan BBM dikurangi tapi tenaga motor tidak terlalu kedodoran.

Setelah ruang bakar dibersihkan, busi juga harus dibersihkan atau diganti dengan yang baru agar pengapian menjadi lebih sempurna untuk memaksimalkan proses pembakaran.

• Knalpot

Kebanyakan pemilik Yamaha RX King biasanya akan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau memodifikasi knalpot standar agar suaranya lebih sangar dan tenaganya menjadi lebih galak.

Tapi penggunaan knalpot racing akan berdampak pada konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, karena knalpot racing didesain untuk melancarkan aliran gas buang dari ruang bakar agar tidak terhambat. Jadi, bagian dalamnya tidak diberi sekat-sekat sehingga bahan bakar sisa pembakaran yang tidak ikut terbakar akan langsung mengalir keluar bersama gas buang sehingga mengakibatkan bahan bakar menjadi lebih boros.

Knalpot standar yang dimodifikasi juga akan menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros karena sekat-sekat didalamnya dihilangkan dan bagian saringan/peredamnya juga akan dibuat plong dengan cara dipotong atau diganti. Hal itu akan menyebabkan bahan bakar sisa pembakaran akan langsung mengalir keluar bersama gas buang sehingga menyebabkan RX King menjadi lebih boros.

Agar bahan bakar lebih irit, sebaiknya pasang kembali knalpot standarnya. Walaupun akibatnya tarikan motor terasa lebih berat dan suara menjadi kurang sangar, tapi bahan bakar menjadi lebih irit.

Ratu Korex
Ilustrasi Yamaha RX King Standart

Baca juga:




Demikian informasi tentang cara membuat RX King lebih irit tapi tetap bertenaga yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara membuat RX King lebih irit tapi tetap bertenaga"