Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan akselerasi dan kecepatan Honda Sonic 150R

(Honda Sonic 150R)

Honda Sonic 150R merupakan saingan berat untuk Suzuki Satri 150FU yang selama ini bermain sendirian di segmen motor Ayago di Indonesia.

Honda Sonic 150R hadir dengan berbagai fitur baru yang menarik dengan performa mesin mumpuni. Apalagi dengan brand Honda yang selama ini sudah terkenal sebagai motor yang irit BBM sehingga dengan cepat dapat menarik minat konsumen.

Sebetulnya performa standar Honda Sonic 150R sudah cukup mumpuni dengan torsi yang besar dan irit BBM. Tapi pasti masih ada pemilik motor ini yang merasa kurang puas dengan performa standarnya dan ingin menambah kecepatan motornya.

Untuk melakukan upgrade performa Honda Sonic 150R yang paling terasa dampaknya adalah dengan melakukan bore-up, tapi kalau motor masih dipakai untuk harian, ubahannya tidak perlu terlalu ekstrim dan dengan tetap mempertahankan throttle body dan injector standar juga masih bisa.

Karena dengan hanya melakukan sedikit ubahan saja nantinya akan membuat Honda Sonic 150R akan menjadi lebih kencang dan bertenaga.

Upgrade Performa Honda Sonic 150R dengan melakukan bore-up ini nantinya akan menaikkan kapasitas silinder menjadi 175cc tapi throttle body dan injector standar masih tetap dipertahankan dan juga tidak di ikuti dengan penggantian noken as dan klep lebar meski sudah di bore-up.

Dengan memakai throttle body dan injector standar Maka AFR masih terjaga pada angka 1:13,8 sampai 1:15. Sedangkan untuk Duty cycle injector masih aman di bawah 80%, hanya saja perlu disetting ulang pakai ECU programable. Kalau ingin spek lebih tinggi bisa diganti dengan throttle body dan injector milik CBR250R. Tapi untuk ubahan ini masih bisa mengandalkan injector standarnya 155 cc/menit karena semprotan standar ini dirasa masih mampu melayani kebutuhan mesin yang tidak naik signifikan.

Langkah selanjutnya yaitu menggunakan ECU BRT Juken 2. Dengan menggunakan ECU BRT Juken 2 maka timing pengapian dan waktu semprot bahan bakar akan mengatur ulang.

Sistem pembuangan juga harus disempurnakan dengan mengandalkan knalpot produk Pro Speed. Knalpot after market ini merupakan tipe yang paling cocok untuk Honda Sonic 150R karena power dan torsi motor akan tetap stabil pada putaran bawah dan atas.

Pada bagian kepala silinder cukup diporting dan polish, kemudian mengubah shim klep IN dan EX. Jika celah standarnya adalah 0,2 mm untuk IN dan 0,25 mm untuk EX, maka sekarang dirubah menjadi 0,1 mm untuk IN dan 0,15 mm pada EX. Dengan setting celah klep lebih rapat, otomatis durasi noken as menjadi lebih besar.

Untuk melakukan upgrade performa pada Honda Sonic 150R dimulai dengan langkah bore-up. Gunakan piston berdiameter 62 mm berlabel Hi Speed milik Suzuki Smash untuk mengganti piston standar Honda Sonic 150R yang hanya berdiameter 57,3 mm. Dengan penggantian ini maka kapasitas ruang bakar akan meningkat menjadi 174,4 cc atau kalau dibulatkan menjadi 175 cc.

Untuk meningkatkan power Honda Sonic 150R dengan bore-up agar hasilnya lebih maksimal sebaiknya gunakan piston berdiameter 62 mm, karena jarak antara water jacket dengan piston sudah sangat tipis, yaitu tinggal 3 mm. Karena motor masih dipakai untuk harian, maka piston dibuat flat agar kompresi tidak terlalu tinggi (11,5 : 1).

Kampas kopling standar juga perlu diganti dengan kampas kopling racing untuk membuat akselerasi motor menjadi lebih galak, karena material bahan yang digunakan pada produk after market cenderung lebih bagus dari kampas kopling standar bawaan pabrik, sehingga dapat mengurangi selip pada saat perpindahan gigi.

Selain kampas kopling, per kopling standar juga perlu diganti dengan per kopling after market yang tekanannya lebih keras agar tenaga lebih nendang pada saat perpindahan gigi sehingga penyaluran tenaga berlanggsung lebih cepat dan tidak ngedrop.

Produk kanvas kopling dan per kopling after market untuk Honda Sonic 150R sudah banyak tersedia dipasaran dengan berbagai merk seperti TDR, Daytona, CLD, dan lainnya.

Catatan:

Kalau motor sering dipakai untuk harian dan touring jarak jauh, sebaiknya gunakan piston ukuran 58 mm, karena liner Honda Sonic 150R yang tipis tidak akan kuat kalau mesin terlalu panas. Langkah upgrade performa di atas lebih cocok untuk keperluan Drag Race atau Road Race.

Baca juga:

Cara setting mesin Kawasaki KLX 150 untuk Trabas

Kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R dibanding Suzuki Satria F150

Cara mengganti/mengisi minyak rem cakram motor agar tidak masuk angin

Demikian informasi tentang cara meningkatkan akselerasi dan kecepatan Honda Sonic 150R. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih



Post a Comment for "Cara meningkatkan akselerasi dan kecepatan Honda Sonic 150R"