Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi

(Suzuki Satria FU Fi)

Suzuki Satria FU merupakan salah satu motor jenis underbone yang sukses menarik minat kalangan anak muda di Indonesia, karena selain tampilan bodinya yang ramping dan sporty, motor ini juga memiliki performa mesin yang terbilang cukup gahar, sehingga mampu dipacu dalam kecepatan tinggi dengan akselerasi yang responsif untuk sekelas motor 4 tak berkapasitas 150 cc. Maka tidak heran jika motor ini mampu bersaing dengan motor-motor sport dari pabrikan lain.

Suzuki Satria FU sejak pertama kali diluncurkan memang sudah terkenal sebagai motor yang garang dengan dibekali mesin DOCH berkapasitas 150 cc menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator. Kini Satria FU keluaran terbaru telah menggunakan teknologi injeksi (Fi) sebagai upaya dalam pengembangan teknologi untuk efisiensi bahan bakar dan menekan emisi gas buang.

Dengan penggunaan teknologi injeksi ini tentunya Pabrikan Suzuki telah memperhitungkan dampaknya pada performa motor andalannya agar tidak kalah dari Satria FU generasi sebelumnya dan juga dari rival-rivalnya yang juga terus mengembangkan teknologi untuk menjadi yang terbaik.

Pihak Suzuki tentu tidak ingin kehilangan konsumennya, maka peluncuran Satria FU injeksi tentunya telah diperhitungkan dengan matang oleh Pabrikan Suzuki dengan dibekali spesifikasi dan komponen-komponen yang bisa dengan mudah di modifikasi untuk meningkatkan performanya.

Berikut ini beberapa bagian dari Satria Fu Fi yang memiliki potensi lebih besar dibandingkan rival-rivalnya dalam hal peningkatan performa:

- Konstruksi engine yang overbore 62 mm x 48,8 mm.
Konstruksi seperti ini memang diperuntukkan untuk bisa mendapatkan power yang lebih besar pada rpm tinggi.

- Dinding silinder terlapisi oleh nikasil yang sangat kuat dan memiliki koefisien gesek yang kecil yang di imbangi dengan ring piston yang lebih tipis sehingga gaya gesek lebih kecil.

- Total area klep in-ex (in-ex valve) lebih besar menjadikannya mudah mendapatkan flow rate yang lebih besar.

- Sudut klep in-ex lebih sempit menjadikannya lebih memungkinkan untuk tetap aman bermain di rpm tinggi.

- Diameter throttle body lebih besar sehingga memberikan potensi untuk mendapatkan efisiensi volumetrik yang jauh lebih besar lagi.

- Box filter udara lebih besar sehingga dapat memberikan potensi air flow yang lebih besar.

- Transmisi manual 6-speed menjadikannya lebih fleksibel dalam menentukan rasio dalam rentang rpm yang lebih lebar.

- Bobot pin dan piston yang ringan, serta bobot bandul yang proporsional dapat memberikan keuntungan untuk lebih cepat mencapai rpm tinggi.

- Sistem pendingin liquid cooled yang lebih mumpuni sehingga sanggup untuk mendukung upgrade power pada tinggkat yang lebih tinggi.

- Kontrol pengapian dan sistem injeksi dengan teknologi tinggi menggunakan sensor-sensor yang relatif lengkap dan fitur-fitur canggih lain yang disematkan pada Satria FU injeksi menjadikannya layak untuk bersaing dengan motor-motor lain.

Dari poin-poin yang di miliki Satria FU injeksi tersebut, motor ini memang disiapkan untuk dapat di-upgrade menjadi motor balap. Karena komponen-komponennya memang disiapkan untuk bisa di upgrade, maka langkah untuk meng-upgrade performa Satria FU injeksi menjadi lebih mudah.

Berikut ini beberapa komponen mesin Satria FU Fi yang mudah untuk di modifikasi untuk meningkatkan powernya:

- Untuk menggeser peak power ke RPM yang lebih tinggi bisa dilakukan dengan mengubah overlap camshaft dengan sedikit memodifikasi coakan pada gigi sentriknya.

- Meningkatkan VE dengan memapas base circle 0,5-1 mm.

- Meningkatkan CR, jika kedua point di atas meningkat maka otomatis CR dinamik juga ikut meningkat. Kalau mau lebih padat bisa menggunakan piston jenong.

Dengan sedikit saja sentuhan seperti di atas, maka power Satria FU injeksi akan meningkat menjadi 22,3 PS. Setelah dilakukan modifikasi di atas, bagian-bagian lain yang masih standart seperti lebar klep, diameter TB, luas filter udara, debit injector dan flow di pipa exhaust, semuanya masih mampu mendukung ubahan tersebut walaupun tidak ikut dirubah. Jika ingin performa yang dihasilkan lebih optimal, cukup ganti header knalpot yang lebih pendek dengan diameter yang sedikit lebih besar.
(Ilustrasi mesin Satria FU Fi)


Demikian informasi tentang cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi"