Cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi
Suzuki Satria FU merupakan salah satu motor
jenis underbone yang sukses menarik minat kalangan anak muda di Indonesia,
karena selain tampilan bodinya yang ramping dan sporty, motor ini juga memiliki
performa mesin yang terbilang cukup gahar, sehingga mampu dipacu dalam
kecepatan tinggi dengan akselerasi yang responsif untuk sekelas motor 4 tak berkapasitas 150 cc. Maka
tidak heran jika motor ini mampu bersaing
dengan motor-motor sport dari pabrikan lain.
Suzuki Satria FU sejak
pertama kali diluncurkan memang sudah terkenal sebagai motor yang garang dengan
dibekali mesin DOCH berkapasitas 150 cc menggunakan sistem pengabutan bahan
bakar karburator. Kini Satria FU keluaran terbaru telah menggunakan teknologi
injeksi (Fi) sebagai upaya dalam pengembangan teknologi untuk efisiensi bahan
bakar dan menekan emisi gas buang.
Dengan penggunaan
teknologi injeksi ini tentunya Pabrikan Suzuki telah memperhitungkan dampaknya
pada performa motor andalannya agar tidak kalah dari Satria FU generasi
sebelumnya dan juga dari rival-rivalnya yang juga terus mengembangkan teknologi
untuk menjadi yang terbaik.
Pihak Suzuki tentu tidak
ingin kehilangan konsumennya, maka peluncuran Satria FU injeksi tentunya telah
diperhitungkan dengan matang oleh Pabrikan Suzuki dengan dibekali spesifikasi
dan komponen-komponen yang bisa dengan mudah di modifikasi untuk meningkatkan
performanya.
Berikut ini beberapa bagian dari Satria Fu Fi yang memiliki potensi lebih besar dibandingkan
rival-rivalnya dalam hal peningkatan performa:
- Konstruksi engine yang overbore 62 mm x 48,8 mm.
Konstruksi seperti ini memang diperuntukkan
untuk bisa mendapatkan power yang lebih besar pada rpm tinggi.
- Dinding silinder terlapisi oleh nikasil yang sangat kuat dan
memiliki koefisien gesek yang kecil
yang di imbangi dengan ring piston yang lebih tipis sehingga gaya gesek lebih kecil.
- Total area klep in-ex (in-ex valve) lebih besar menjadikannya
mudah mendapatkan flow rate yang lebih besar.
- Sudut klep in-ex lebih sempit menjadikannya lebih memungkinkan untuk tetap aman bermain di rpm
tinggi.
- Diameter throttle body lebih besar sehingga memberikan potensi untuk mendapatkan
efisiensi volumetrik yang jauh lebih besar lagi.
- Box filter udara lebih besar sehingga dapat memberikan potensi air flow yang
lebih besar.
- Transmisi manual 6-speed menjadikannya lebih fleksibel dalam menentukan rasio dalam
rentang rpm yang lebih lebar.
- Bobot pin dan piston yang ringan, serta bobot bandul yang
proporsional dapat memberikan keuntungan untuk lebih cepat mencapai rpm tinggi.
- Sistem pendingin liquid
cooled yang lebih mumpuni sehingga sanggup untuk mendukung upgrade power pada tinggkat
yang lebih tinggi.
- Kontrol pengapian dan
sistem injeksi dengan teknologi tinggi menggunakan sensor-sensor
yang relatif lengkap dan fitur-fitur
canggih lain yang disematkan pada Satria FU injeksi menjadikannya layak untuk
bersaing dengan motor-motor lain.
Dari poin-poin yang di miliki Satria FU injeksi tersebut, motor ini memang disiapkan untuk dapat di-upgrade menjadi motor balap. Karena komponen-komponennya memang disiapkan untuk bisa di upgrade, maka langkah untuk meng-upgrade performa Satria
FU injeksi menjadi lebih mudah.
Berikut ini beberapa
komponen mesin Satria FU Fi yang mudah untuk di modifikasi untuk meningkatkan
powernya:
- Untuk menggeser peak power ke RPM
yang lebih tinggi bisa dilakukan dengan
mengubah overlap camshaft dengan sedikit memodifikasi coakan pada gigi sentriknya.
- Meningkatkan VE dengan memapas base circle 0,5-1 mm.
- Meningkatkan CR, jika kedua
point di atas meningkat maka otomatis CR dinamik juga ikut meningkat. Kalau
mau lebih padat bisa menggunakan piston jenong.
Dengan sedikit saja
sentuhan seperti di atas, maka power Satria FU injeksi akan
meningkat menjadi 22,3 PS. Setelah
dilakukan modifikasi di atas, bagian-bagian lain yang masih standart seperti lebar klep, diameter TB, luas filter udara, debit injector dan flow di pipa exhaust,
semuanya masih mampu mendukung ubahan tersebut walaupun tidak ikut dirubah. Jika ingin performa yang dihasilkan
lebih optimal, cukup ganti header knalpot yang lebih pendek dengan
diameter yang sedikit lebih besar.
Baca juga:
Performa dan spesifikasi Suzuki Satria FU injeksi
Beberapa masalah yang sering timbul pada Satria FU
Kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R dibanding Suzuki Satria F150
Performa dan spesifikasi Suzuki Satria FU injeksi
Beberapa masalah yang sering timbul pada Satria FU
Kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R dibanding Suzuki Satria F150
Demikian informasi
tentang cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi. Untuk informasi
lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU injeksi"