Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Performa dan spesifikasi Suzuki Satria FU injeksi

Suzuki Satria FU merupakan salah satu motor jenis underbone yang sukses menarik minat kalangan anak muda di Indonesia, karena selain tampilan bodinya yang ramping dan sporty, motor ini juga memiliki performa mesin yang terbilang cukup gahar, sehingga mampu dipacu dalam kecepatan tinggi dengan akselerasi yang untuk sekelas motor 4 tak. Maka tidak heran jika banyak anak muda yang tergila-gila dengan motor besutan Suzuki ini.

Suzuki Satria FU pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2000 dan langsung mendapat respon yang baik dari konsumen, terutama anak muda. Dari situlah Suzuki Satria FU terus berkembang dan mengalami beberapa perubahan pada tampilan dan fitur-fiturnya hingga pada tahun 2017 pabrikan Suzuki memperkenalkan varian baru Satria Fu facelift dengan desain body yang benar-benar fresh dan telah mngusung teknologi yang semakin maju, jauh berbeda dengan Satria FU generasi pertama.

(Suzuki Satria F150 injeksi)

Berikut ini spesifikasi Suzuki Satria FU yang baru:

Body dan Rangka:

Dari generasi pertama, Suzuki Satria memang memiliki desain body yang ramping. Desain seperti ini memang cukup mendukung dalam hal kecepatan motor karena bentuknya sangat aerodinamis. Tapi bagi sebagian orang, bobot motor yang ringan cukup menyulitkan saat motor dipacu pada kecepatan tinggi karena motor-motor yang ringan kurang stabil saat meerjang terpaan angin kencang pada kecepatan tinggi. Jadi, desain ramping dan bobot ringan yang diusung oleh Satria FU memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini spesifikasi Suzuki Satria F150 dari situs resmi Suzuki Indonesia:

- Dimensi (p x l x t): 1.960 mm x 675 mm x 980 mm.
- Jarak sumbu roda: 1.280 mm.
- Jarak pijak: 150 mm.
- Tinggi jok: 765 mm.
- Berat kosong: 109 Kg.
- Suspensi depan: Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli.
- Suspensi belakang: Monoshock, pegas spiral, bantalan oli.
- Rem depan dan belakang : New Petal Design Disc Brake.
- Roda depan: 70/90-17 38P.
- Roda belakang: 80/90-17 50P.
- Velg : Racing.

Spesifikasi Mesin:

Inilah yang paling membedakan Satria FU generasi tahun 2017 dengan Satria FU generasi sebelumnya, jika pada Satria FU tahun 2015 kebawah masih menggunakan karburator sebagai sistem bahan bakarnya, maka pada versi Satria FU terbaru sudah menggunakan mesin berteknologi fuel injection (FI) yaitu sistem pengabutan tersistematis berbasis elektronik, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, lebih irit, dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

(ilustrasi mesin Satria F150 karburator)

Jika pada Suzuki Satria FU versi karburator mengunakan sistem pendingin oil cooler, pada Satria FU versi terbaru sudah menggunakan sistem pendingin liquid cooler (menggunakan radiator lebar) seperti pada Honda Sonic, CB150R dan Yamaha Vixion, sehingga mesin lebih aman dari overheating walaupun dipakai dalam waktu lama.

Untuk kapasitas mesin, Suzuki masih mempertahankan kapasitas 150 cc untuk membekali dapur motor ini. Kapasitas mesin ini memang cukup besar untuk motor sekelas bebek dengan body yang terbilang kecil, mengingat Yamaha R15 dan Honda CBR150 yang memiliki body bongsor full fairing juga menggunakan mesin berkapasitas 150 cc.

Berikut ini data spesifikasi mesin Satria F150 Injeksi:

(ilustrasi mesin Satria F150 injeksi)

- Kapasitas: 147,3 cc - 1 Silinder
- Sistem katup: DOHC 4-Valve
- Sistem pendingin: Liquid cooler
- Rasio kompresi: 11,5 : 1
- Daya maksimal: 13,6 KW/10.000 RPM
- Torsi maksimal : 13,8 Nm/8.500 RPM
- Sistem bahan bakar: Electronic Fuel Injection
- Sistem pengapian: Euro 3
- Transmisi: Manual - 6 Percepatan
- Kapasitas tanki bahan bakar: 4 Liter

Fitur-fitur All New Satria F150 Injeksi:

(ilustrasi fitur-fitur baru Satria F150 injeksi)

Selain spesifikasi teknis, Satria F150 injeksi juga menawarkan beberapa kelebihan dan fitur-fitur baru yang menarik, antara lain:

- New Stripping Design

Stripping atau stiker body memiliki peran yang cukup penting untuk memberi kesan atau karakter pada motor. Dengan desain lekukan body yang baru ditambah stripping yang baru maka kesan agresif dan fresh lebih terpancar pada motor ini.

- 1-Push Electric Starter

1-Push electric starter sebetulnya sama dengan sistem starter elektrik lain, kelebihannya meski kita hanya menekan tombol starter setengah detik dan langsung melepasnya, mesin tetap akan hidup. Jadi tidak perlu terus memencet tombol starter sampai mesin hidup seperti pada elektrik starter motor-motor lain. Teknologi ini di adopsi dari Suzuki Big Bikes, sehingga motor ini terkesan modern karena sudah mengadopsi teknologi kelas atas.

- Security alarm

Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah dilengkapi dengan remote alarm key, sehingga lebih aman dan lebih mudah saat mencari lokasi motor di parkiran yang penuh.

- USB Charger

Khusus untuk varian Suzuki Satria F150 black predator/matte black juga sudah dilengkapi dengan fitur tambahan USB charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone. Konsumen hanya perlu menambahkan kabel USB dan bisa langsung dikoneksikan ke port USB yang tersedia dibagian bagasi depan.

(Suzuki Satria F150 Black Predator)

- Full LED Headlight

Seperti halnya motor-motor sport saat ini, Suzuki juga membekali Satria F150 injeksi dengan lampu LED sebagai pencahayaan utamanya. Kelebihannya selain lebih terang, lampu LED juga memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah sehingga lebih hemat energi.

Jika dilihat dari fitur-fiturnya, Satria F150 Injeksi sudah cukup ideal untuk kebutuhan mode transportasi roda dua saat ini yang modern dan futuristik. All New Satria F150 Injeksi memiliki beberapa kelebihan antara lain: Body ringan, Design lampu terlihat lebih agresif dan modern, Perpaduan warna velg dan body yang menyatu, Speedometer full digital dan performa mesin yang mumpuni.

Tapi dari semua kelebihan yang dimiliki, Satria F150 injeksi juga memiliki beberapa Kekurangan, antara lain:

- Ukuran ban terlalu kecil untuk ukuran motor 150 cc, sehingga kurang nyaman dikendarai.

- Desain lampu belakang yang kurang kompak dengan desain lampu depan.

- Bobot motor terlalu ringan tidak imbang dengan tenaganya, sehingga mudah goyang saat terkena terpaan angin kencang.

- Kapasitas tangki bahan bakar hanya 4 Liter, terlalu minim untuk motor berkapasitas mesin 150 cc.


Demikian informasi tentang performa dan spesifikasi Suzuki Satria FU injeksi. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Performa dan spesifikasi Suzuki Satria FU injeksi"