Beberapa penyebab mesin Yamaha Vixion brebet dan cara mengatasinya
![]() |
(Yamaha Vixion Old) |
Yamaha Vixion adalah salah satu motor sport terlaris di Indonesia. Motor ini mendapat sambutan baik dari konsumen karena memiliki desain body yang sporty, memiliki performa mesin yang cukup tangguh dan telah mengusung fitur-fitur baru yang cukup canggih.
Tapi motor ini juga
memiliki beberapa keleman yang banyak dikeluhkan oleh para penggunanya, salah
satu masalah yang sering timbul pada Yamaha Vixion, terutama pada Vixion Old
adalah masalah mesin brebet. Gejalanya mesin akan terasa seperti kehabisan
bensin ketika digeber pada RPM tinggi walaupun bahan bakar masih penuh.
Gejala mesin tersendat
juga sering muncul pada saat RPM rendah, ketika tuas gas ditarik maka mesin
mati seketika dan biasanya akan terdengar suara nembak dari dalam knalpot. Jika
di lihat dari gejalanya, masalah tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor,
antara lain:
- Bahan bakar tidak
sesuai
- Busi kotor
- Filter udara kotor
- Fuel pump bermasalah
- Tangki bahan bakar
kemasukan air
Berikut ini tips untuk mengatasi mesin brebet pada Yamaha
Vixion:
- Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai
Semakin besar nilai
oktane bahan bakar, maka semakin besar pula titik nyala apinya. Artinya bahan
bakar dengan oktane tinggi mampu bertahan pada kompresi tinggi tanpa terbakar
spontan.
Jika melihat data
spesifikasi teknisnya, Yamaha Vixion memiliki mesin dengan rasio kompresi 10,4
: 1. Angka ini masuk dalam kategori mesin dengan perbandingan kompresi tinggi.
Rasio kompresi tinggi dipilih karena memiliki banyak keuntungan, karena selain
lebih efisien, tingkat emisi gas buang juga dapat ditekan.
Ada dua pilihan bahan
bakar, yaitu Pertalite atau Pertamax. Kedua bahan bakar ini berbeda nilai
oktane-nya. Pertalite yang memiliki oktane 90 dapat bekerja efektif pada mesin
dengan rasio kompresi 8,5-10 : 1. Sedangkan Pertamax yang memiliki oktane lebih
tinggi yaitu 92 mampu bekerja pada mesin dengan rasio kompresi di atas 10 : 1.
![]() |
(Mesin Yamaha Vixion) |
Mesin Yamaha Vixion akan
bekerja dengan baik dengan suplai bahan bakar Pertalite, tapi performa motor
ini akan lebih optimal jika menggunakan bahan bakar Pertamax. Sebaiknya jangan
mengisi motor ini dengan bahan bakar Premium, karena di khawatirkan akan
terjadi pre-ignition.
Pre-ignition adalah
kondisi dimana bensin terbakar spontan sebelum timing pengapian tercapai. Jika
hal ini terjadi bisa merusak komponen mesin.
Selain itu cek juga tangki
bahan bakarnya apakah kemasukan air. Karena dalam beberapa kasus, mesin brebet disebabkan
karena bahan bakar tercampur air didalam tangki. Air dapat masuk dari proses
pengisian BBM, pengembunan uap air diruang tangki, atau masuk langsung kedalam
tangki ketika kehujanan dan saat di cuci. Jika ternyata terdapat air didalam
tangki bahan bakar, maka langkah yang harus dilakukan adalah segera menguras
tangki secara manual.
- Busi tidak sesuai atau kotor
![]() |
(ilustrasi busi kotor) |
Jika busi kotor, biasanya
akan timbul gejala berupa knalpot nembak dan mesin brebet. Untuk mengatasi hal
itu kita cukup melepas busi motor dan lakukan pembersihan pada elektroda busi
dari kerak yang menempel. Atur juga celah elektroda busi sekitar 0,8 mm menggunakan
feeler gauge. Tapi jika kondisi busi sudah parah sebaiknya ganti dengan yang
baru.
Ganti busi dengan busi
cooper atau yang lebih bagus ganti dengan busi iridium. Busi ini menggunakan
elektroda berbahan logam iridium dengan diameter lebih kecil sehingga percikan
api yang dihasilkan lebih fokus. Keuntungannya, busi ini lebih awet dari busi
biasa dan performa motor juga akan meningkat setelah menggunanakan busi
iridium, tapi harganya lebih mahal.
Filter udara berfungsi
sebagai saringan yang akan menyaring debu dan kotoran yang terbawa oleh udara
saat proses intake. Ketika kondisi filter sudah sangat kotor, maka debu
tersebut berpotensi masuk kedalam mesin saat proses hisap atau bahkan akan
menyumbat aliran udara. Debu yang ikut terbawa dalam proses pembakaran ini akan
menjadi kerak yang akan menutupi busi, sehingga gejala knalpot nembak dan mesin
brebet akan muncul.
Solusinya cukup membuka
box filter udara dan membersihkannya menggunakan kompressor dan bensin. Jika
sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan lagi, maka harus diganti dengan yang
baru agar motor menjadi normal kembali.
- Fuel pump bermasalah
Fuel pump pada motor
injeksi merupakan komponen vital karena berfungsi untuk menyuplai bahan bakar
dari tangki dengan tekanan tertentu. Artinya, selain berfungsi sebahai penyuplai
bahan bakar, fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan bahan bakar.
Permasalahan mesin brebet terjadi ketika RPM mesin meningkat tapi tekanan dari
fuel pump tetap stabil sehingga tenaga mesin terasa ngempos.
Ketidak sinkronan ini
bisa disebabkan karena terdapat gangguan pada sirkuit fuel pump. Solusinya
perlu dilakukan pembongkaran serta pengukuran pada tiap terminal fuel pump.
Untuk masalah ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman dan
di bengkel resmi Yamaha atau bengkel yang memiliki alatnya.
Selain pada sirkuit fuel
pump, masalah juga bisa disebabkan karena adanya kotoran yang menyumbat jalur
bahan bakar. Biasanya kotoran ini terkumpul pada filter bahan bakar yang
terletak didalam tangki bahan bakar sehingga perlu segera dibersihkan agar
jalur suplai bahan bakar kembali normal.
- Ada air didalam tanki bahan bakar
Air dan bensin tidak
dapat bercampur karena berbeda molekulnya. Saat ada air masuk kedalam sistem
bahan bakar maka otomatis air ini akan menghambat laju pembakaran mesin karena
air tidak bisa terbakar. Jadi ketika air didalam tangki masuk melalui fuel pump
ke saluran injeksi, maka air tersebut akan ikut di semprotkan melalui injektor bersama
bahan bakar.
Akibatnya, ketika air ikut
masuk keruang bakar dan piston melakukan kompresi maka tidak terjadi
homogenitas gas. Akibatnya, saat busi menyala pembakaran tidak berlangsung
dengan sempurna, tapi mesin tidak mati karena air yang masuk jumlahnya hanya sedikit
sehingga hanya menimbulkan gejala brebet saja. Solusinya, kuras tangki bahan
bakar setiap kali gejala brebet pada motor muncul.
Baca juga:
Penyebab knalpot motor nembak dan cara mengatasinya
Perbandingan performa dan kualitas New Vixion dengan Old Vixion
Efek penggunaan busi iridium pada akselerasi Yamaha Vixion
Penyebab knalpot motor nembak dan cara mengatasinya
Perbandingan performa dan kualitas New Vixion dengan Old Vixion
Efek penggunaan busi iridium pada akselerasi Yamaha Vixion
Demikian informasi
tentang beberapa penyebab mesin Yamaha Vixion brebet dan cara mengatasinya.
Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Beberapa penyebab mesin Yamaha Vixion brebet dan cara mengatasinya"