Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab knalpot motor nembak dan cara mengatasinya

[ilustrasi knalpot motor]
Suara nembak mirip ledakan yang berasal dari dalam knalpot atau yang biasa disebut juga dengan istilah afterburn adalah sebuah kejadian dimana Air FUel Mixture (AFM) yang seharusnya terbakar didalam ruang bakar justru terbakar didalam muffler sehingga suara pembakarannya terdengar cukup keras.

Afterburn atau keterlambatan pembakaran bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain:

- Busi kotor
[ilustrasi busi motor]
Kondisi busi yang kotor menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya suara ledakan dari knalpot [afterburn]. Dalam kondisi normal, AFM [Air Fuel Mixture] dikompresi dan saat mencapai akhir langkah kompresi, busi akan menyala sehingga terjadi pembakaran yang terjadi secara serentak.

Tapi jika kondisi busi kotor [elektroda busi tertutup kotoran] seperti carbon/deposit bisa menyebabkan adanya hambatan bagi arus listrik dari dalam elektroda, sehingga percikan api yang terbentuk menjadi sangat kecil dan lokasinya tidak center. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak terjadi secara serentak sehingga menyebabkan terjadinya afterburn dan menimbulkan suara ledakan keras pada knalpot.

- Banyak terdapat deposit didalam ruang bakar
(ilustrasi blok mesin sepeda motor)
Deposit atau kerak yang terdapat di ruang bakar disebabkan oleh pembakaran yang berlangsung kurang sempurna. Pada motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, biasanya tidak semua pembakaran berlangsung dengan sempurna yang disebabkan karena busi, atau Air Fuel Mixture [AFM] yang tidak ideal. Efek dari pembakaran yang  tidak sempurna tersebut menimbulkan deposit yang mengendap didalam ruang bakar.

Jika deposit didalam ruang bakar sudah terlalu banyak, tentu hal ini akan mengganggu proses kompresi mesin, sehingga ketika langkah pembakaran tiba tidak semua AFM ikut terbakar. Ada AFM yang belum terbakar yang keluar ke exhaust dan karena suhu muffler tinggi, maka AFM tersebut terbakar.

- Campuran bensin terlalu kaya

AFM yang tidak ideal tidak hanya menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna, tetapi pada kondisi tertentu, misalnya pada RPM tinggi juga ada beberapa gram bensin yang tidak ikut terbakar. Hal ini dikarenakan pada saat RPM tinggi, piston bergerak dengan kecepatan tinggi sehingga langkah pembakaran terjadi secara cepat. Tapi karena volume bensin lebih banyak dari dari yang seharusnya, maka yang terjadi pembakaran belum selesai ketika piston beralih ke langkah buang. Akibatnya proses pembakaran tersebut sampai pada ekhaust dan menimbulkan suara ledakan yang cukup keras.

Perbandingan campuran bensin yang telalu kaya ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya: Ukuran pilot jet/main jet terlalu besar, Filter udara kotor, atau jarum skep karburator sudah aus

- Packing knalpot tidak rapat [bocor]

Semua komponen mesin yang berhubungan dengan gas dan fluida pasti akan dilengkapi dengan packing yang berfungsi untuk merapatkan dua bagian komponen yang memiliki material padat. Fungsi packing pada knalpot adalah untuk merapatkan leher knalpot dengan saluran exhaust pada kepala silinder mesin, sehingga gas exhaust dari dalam mesin bisa di salurkan pada muffler dengan sempurna.

Jika packing knalpot bocor, maka gas sisa pembakaran akan keluar dari leher knalpot, bahkan bukan hanya gas sisa pembakaran saja yang keluar melalui rongga kebocoran packing tetapi suara pembakaran yang seharusnya di redam didalam muffler juga akan ikut keluar dari leher knalpot.

Suara ledakan tersebut sering terjadi ketika deselerasi atau ketika gas ditutup dan melakukan engine brake. Ketika kita melakukan engine brake, maka dorongan piston menjadi lebih kuat karena mendapatkan dorongan balik dari roda. Sementara itu timming pengapian sudah dimundurkan seperti aslinya sehingga terjadi pembakaran yang tidak pada waktunya, atau dengan kata lain pembakaran ini belum selesai ketika piston sedang langkah exhaust.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi knalpot motor yang nembak:

Untuk mengatasi masalah knalpot nembak sebetulnya cukup mudah karena hal itu bukan masalah yang serius, melainkan menjadi tanda bahwa motor sudah lama tidak diservis. Kita bisa melakukan servis motor sendiri untuk menghilangkan suara nembak pada knalpot dengan memeriksa beberapa komponen motor brikut ini:

- Bersihkan filter udara untuk menghilangkan debu yang menyumbat permukaan filter, sehingga aliran udara menjadi lancar kembali dan AFM kembali ideal.

- Bersihkan elektroda busi dari deposit yang menempel agar busi dapat menghasilkan percikan api yang ideal untuk melakukan pembakaran. Cek juga celah kerenggangan busi, set celah busi sekitar 0,8 mm menggunakan feeler gauge.

- Bersihkan ruang bakar menggunakan carbon cleaner yang bisa dibeli di toko spart part motor. Pembersihan menggunakan carbon cleaner akan meluruhkan semua carbon dan deposit didalam ruang bakar, sehingga ruang bakar menjadi bersih dan pembakaran dapat terjadi dengan sempurna.

- Lepas dan bongkar karburator, bersikan semua komponen dan lubang-lubang yang ada didalamnya, kemudian cek apakah pilot jet yang digunakan sesuai standar. Karena banyak motor yang sudah diganti pilot jet-nya untuk meningkatkan performanya. Jangan lupa untuk melakukan penyetelan karburator agar RPM langsam dan mesin bisa stabil.
[ilustrasi karburator motor]

- Cek baut pengikat knalpot, apakah ada kebocoran disitu. Jika ternyata sambungan knalpot masih rapat berarti tidak ada masalah. Tapi jika packing knalpot longgar maka perlu mengencangkan baut tersebut. Untuk mengencangkan baut knalpot kita hanya memerlukan kunci ring, tapi harus hati-hati karena jika terlalu kuat bisa mengakibatkan baut patah dan justru membuat packing knalpot menjadi semakin longgar.
(ilustrasi exhaust manifold mesin motor)
Cara yang paling aman adalah dengan melepas baut knalpot terlebih dulu [tunggu mesin dingin] lalu cek kondisi packingnya. Jika packing knalpot sudah tipis dan tidak rata berarti harus diganti dengan yang baru.

Selain dari 4 faktor diatas, ada lagi satu penyebab knalpot motor nembak, yaitu intake manifold yang retak/bocor. Hal ini juga bisa berpotensi menimbulkan suara ledakan pada muffler, karena posisi kebocoran terletak setelah katup gas sehingga dapat mempengaruhi AFM.
(ilustrasi intake manifold)
Solusinya: tambal bagian dari intake manifold yang mengalami keretakan/kebocoran tersebut menggunakan lem, epoxy, atau resin.

Jika kerusakannya sudah parah dan tidak bisa di tambal, maka harus diganti dengan yang baru.

Cara mengatasi suara nembak pada knalpot motor injeksi:

Motor injeksi tidak lagi menggunakan sistem karburasi manual karena sudah menggunakan injektor untuk menyuplai bensin ke dalam intake manifold. Jadi kalau gejala knalpot nembak muncul pada motor injeksi, yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah:

- Cek kondisi busi, jika masih bagus bersihkan kerak-kerak yang menempel pada elektroda busi agar kembali berfungsi dengan normal.

- Periksa kondisi knalpot dan packingnya apakah ada yang bocor atau tidak. Jika ada yang bocor segera diganti atau diperbaiki.

- Jika masalahnya ada di campuran udara dan bahan bakar (AFM), maka harus dilakukan remapping atau program ulang ECU di bengkel-bengkel resmi atau bengkel yang memiliki alatnya.


Demikian informasi tentang Penyebab knalpot motor nembak dan cara mengatasinya. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Penyebab knalpot motor nembak dan cara mengatasinya"