Cara mudah menambah kecepatan motor matic injeksi tanpa bore-up
![]() |
Yamaha Mio Soul GT |
Ratukorex.club - Salah satu cara yang paling ampuh untuk menambah kecepatan sepeda motor adalah dengan bore-up. Tapi untuk motor harian, cara ini tergolong ekstrim karena harus mengganti cukup banyak komponen mesin, dan pengaruh yang paling terasa adalah konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros.
Kalaupun akan melakukan bore-up pada motor matic harian, sebaiknya jangan terlalu ekstrem, misalnya dari kapasitas standar 113,7 cc di bore-up menjadi 150 cc, itu masih aman untuk dipakai harian.
Baca juga: Keunggulan teknologi Blue Core andalan Yamaha
Tapi biarpun begitu, bore-up termasuk ubahan ekstrem pada mesin motor yang memerlukan banyak penggantian komponen. Padahal kalau hanya untuk menambah kecepatan motor harian, tidak perlu sampai melakukan perubahan yang ekstrem pada mesin.
Berikut ini cara menambah kecepatan motor matic injeksi tanpa harus bore-up:
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah kecepatan motor adalah dengan mengganti injector dan ECU saja, karena sebetulnya injeksi dan pengapian bisa diatur ulang untuk meningkatkan performa mesin.
Intinya, jika bahan bakar yang masuk lebih banyak, maka pengapian juga harus lebih besar agar pembakaran didalam mesin bisa lebih sempurna, sehingga dapat menghasilkan tenaga lebih besar.
Semua itu bisa dilakukan dengan penggantian injektor dan ECU, dan tentunya cara ini lebih aman digunakan untuk harian karena konstruksi mesin masih tetap standar bawaan pabrik.
Dengan melakukan penggantian injektor dan ECU, maka power motor bisa bertambah sekitar 20 persen atau kira-kira bisa mendapat kenaikan tenaga 1,5 dk sampai 2 dk.
Tapi setelah mengganti injektor dan ECU harus dilakukan penyetelan khusus untuk mencapai kondisi yang diinginkan. Perlu penyetelan di atas dyno terlebih dulu dengan merubah settingan Air Fuel Ratio (AFR) dari standar pabrik 14:5 menjadi 13:5 agar lebih basah.
Untuk menyuplai bahan bakar lebih banyak ke dalam ruang bakar bisa menggunakan injektor SRP 135 cc dengan titik 6-port. Injektor ini bisa diguanakan untuk motor Yamaha Mio J, Mio GT, Xeon RC, X-Ride, dan Soul GT-125.
Setelah injektor diganti dengan injektor SRP 135 cc, agar lebih sempurna bisa lanjut dengan penggantian ECU racing RC Mini plus dengan 8 map untuk setelan percikan api yang dihasilkan. Apalagi jika dikombinasikan dengan penggunaan busi iridium, maka percikan api di ruang bakar menjadi lebih optimal.
ECU aftermarket RC Mini bisa diguanakan untuk Yamaha Mio J, Mio GT, X-Ride, Xeon RC, Soul GT-125. Dengan ECU ini, pemetaan suplai bahan bakar plus pulsar pengapian bisa diatur ulang agar lebih sempurna. Bahkan pengaplikasian ECU aftermarket ini bisa menjadi dasar untuk upgrade mesin lebih lanjut, seperti penggantian knalpot racing, porting polish atau ganti kem.
Baca juga:
Beberapa cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion
Efek penggunaan busi iridium pada akselerasi Yamaha Vixion
Cara mudah menambah kecepatan Honda Beat FI lama
Demikian sedikit informasi tentang cara mudah menambah kecepatan motor matic injeksi tanpa bore-up. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX yang lain.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara mudah menambah kecepatan motor matic injeksi tanpa bore-up"