Masalah-masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion
Yamaha New Vixion memang memiliki tongkrongan yang gagah dan enak dipandang, gampang dimodifikasi dan memiliki performa yang cukup mumpuni untuk mesin dengan rasio kompresi 10,4:1 ini.
Tapi dibalik semua kelebihan Yamaha New Vixion tersebut, motor ini ternyata memiliki beberapa kelemahan. Namanya juga produk buatan Manusia semuanya ada batasan atau kekurangannya, sehingga seiring berjalannya waktu akan timbul berbagai masalah yang mengganggu kenyamanan saat berkendara.
Berikut ini beberapa masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion:
• Suara mesin agak kasar
Masalah tersebut diduga mirip dengan masalah Yamaha Rx King jaman dulu dimana pada awal kemunculannya, Yamaha Rx King masih menggunakan blok silinder yang terkenal bagus kualitasnya (Y Series). Karena itu pabrikan Yamaha berani main clearance sempit sehingga suara mesin Rx King generasi pertama tergolong halus.
Tapi pada generasi Rx King selanjutnya menggunakan blok silinder YP series yang diproduksi didalam negeri dan clearance sedikit dibuat lebih longgar, hasilnya suara mesin cenderung menjadi kebih kasar.
Blok silinder yang digunakan Yamaha Old Vixion/Vixion lama dibanderol dengan harga kurang lebih sekitar 490 ribuan, sedangkan blok silinder pada Yamaha New Vixion Lightning (NVL) harganya sekitar 290 ribuan. Referensi harga tersebut diambil dari harga katalog suku cadang Yamaha.
Dari perbedaan harga yang cukup signifikan tersebut tentunya kita bisa mengambil kesimpulan tentang perbedaan kualitasnya. Akibatnya suara mesin Yamaha New Vixion Lightning (NVL) cenderung lebih kasar dibandingkan dengan Yamaha Old Vixion.
Kualitas blok silinder Yamaha New Vixion yang tidak sebagus blok silinder Yamaha Old Vixion (generasi pertama) dan pada bagian clerance yang dibuat lebih longgar diduga menjadi penyabab utama suara mesin menjadi kasar.
Cara mengatasinya:
Untuk mengatasi hal itu bisa dengan menggunakan oli yang berkualitas bagus dari oli standard pabrik. Untuk pemilihan tingkat kekentalan oli bisa menggunakan yang SAE 20W - 50, walaupun mungkin akan menurunkan performa motor. Tapi suara mesin motor akan menjadi lebih halus dibandingkan sebelumnya.
Sekedar informasi tambahan bahwa blok mesin Yamaha Old Vixion dengan kode 3C1 menurut informasi sudah tidak diproduksi lagi. Oleh karena itu untuk pemilik motor Yamaha Old Vixion yang akan mengganti blok silinder baru, maka mau tidak mau harus menggunakan blok silonder milik Yamaha New Vixion.
• Mesin ngebul
Banyak pemilik Yamaha New Vixion yang mengeluhkan beberapa masalah pada motor ini, seperti knalpot yang berasap putih tipis padahal motor masih baru. Ada juga motor yang 1 tahun pertama masih normal, tapi pada tahun ke 2 dipakai knalpot mulai mengeluarkan asap putih. Ada juga yang keluar asap pada saat motor dipanasi dipagi hari atau pada saat motor digeber pada RPM tinggi.
Masalah tersebut timbul karena penggunaan material ring piston pada Yamaha New Vixion Lihgtning yang kualitasnya kurang bagus (kode motor 1PA). Ring piston pada Yamaha New Vixion Lightning (NVA) akan kedodoran ketika digeber pada putaran tinggi, akibatnya ada oli yang merembes masuk kebagian ruang bakar dan menimbulkan asap. Karena masalah itu pula, oli mesin Yamaha New Vixion cepat berkurang.
Cara mengatasinya:
Untuk mengatasi hal itu tentunya harus rajin melakukan pengeceakan ketinggian oli melalui dipstik. Jika oli meain sudah dibawah batas, maka harus segera ditambah atau diganti dengan oli yang baru.
Selain itu, untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan mengganti ring piston dengan milik Yamaha Old Vixion (OVI) yang harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan harga ring piston milik Yamaha New Vixion Lightning (NVL). Untuk harga ring piston Yamaha Old Vixion sekitar 250 - 300 ribuan.
Selain itu perhatikan juga kondisi blok silindernya, apakah sudah baret atau masih bagus. Jika masih bagus cukup mengganti ring pistonnya saja, tapi jika sudah baret maka sebaiknya harus mengganti 1 set sekalian.
Untuk waktu penggantian oli mesin sebaiknya jangan terlalu lama atau menunggu 2 - 3 bulan dulu, usahakan untuk mengganti oli mesin setelah 2000 - 2500 km.
• Rantai cepat kendor
Masalah ini mirip dengan Yamaha Jupiter MX yang rantainya juga cepat kendor. Tapi masalah rantai kendor pada Yamaha New Vixion Lightning (NVL) lebih parah karena motor ini sudah menggunakan ban yang ukurannya relatif lebih besar dari pada Jupiter MX.
Banyak kejadian dimana kondisi gear bagian depan dan gear bagian belakang masih bagus tapi setelan rantainya sudah mentok dan tidak bisa distel lagi padahal rantai original Yamaha New Vixion Lihgtning tidak ada sambungannya.
Cara mengatasinya:
Agar rantai Yamaha New Vixion tidak cepat kendor, maka motor ini harus diperlakukan dengan halus. Jangan menggeber motor dengan kasar karena akan mempercepat rantai motor menjadi kendor. Selain itu rantai motor kuga harus dirawat dengan baik menggunakan pelumas khusus rantai seperti chain cleaner atau chain lube untuk memberikan pelumasan pada rantai motor Yamaha New Vixion.
Stel ketegangan rantai motor sesuai anjuran pabrik (jangan terlalu kencang karena bisa putus) dan lakukan secara teratur.
Untuk rantai motor Yamaha New Vixion yang sudah mentok bisa disiasati dengan menggunakan gear bagian belakang yang lebih besar atau membeli rantai aftermarket.
Untuk Yamaha New Vixion yang telah menggunakan per kopling keras (per kopling racing) maka rantainya pasti akan lebih cepat kendor karena tarikan mesin lebih nyentak.
• Kampas kopling cepat hangus
Kampas kopling Yamaha New Vixion sangat berbeda dengan milik Yamaha Old Vixion, karena kampas kopling New Vixion mirip atau bisa dikatakan sama dengan kampas kopling Yamaha New jupiter MX.
Yang menjadi masalah adalah salah satu kampas kopling yang berkode 1PA ini kualitasnya memang kurang bagus. Banyak kejadian kampas kopling berkode 1PA tersebut cepat hangus, akibatnya tenaga motor tidak tersalurkan dengan sempurna.
Cara mengatasinya:
Solusinya bisa dengan mengganti kampas kopling menggunakan set kampas kopling milik New Jupiter MX atau bisa juga menggunakan kampas kompling aftermarket yang kualitasnya bagus. Atai bisa juga menggunakan kampas kopling milik Honda GL Series yang cocok juga jika dipasang pada Yamaha New Vixion.
Selain dengan mengganti kampas kopling, solusi lain agar kampas kopling tidak cepat hangus adalah dengan rutin melakukan penggantian oli mesin dengan meperhatikan jarak tempuh yang di anjurkan. Kemudian setelan/jarak main kompling dan jangan sering gantung kopling atau setengah kopling.
• Suara Headlamp berisik saat dijalan yang tidak rata
Pada saat berkendara dijalan yang tidak rata, headlamp Yamaha Vixion sering berbunyi klotak klotak. Jika dilihat detail pada bagian konstruksi headlamp Yamaha New Vixion memang rawan bunyi, penyababnya karena headlamp tersebut di ikat dengan menggunakan 2 baut untuk menggabungkan bagian depan dan juga bagian belakangnya. Selain itu, posisinya dibagian bawah sedangkan pada bagian atasnya hanya menggunakan sistem klip untuk pengapitnya.
• Cara mengatasinya:
Untuk mengatasinya kita bisa melubangi bagian atas headlamp kemudian di ikat menggunakan cable ties untuk meperkuat ikatannya. Selain itu bisa juga dengan memberikan pelapis double atas bawah atau yang sering disebut dengan istilah double tipe untuk meredam bunyi yang timbul pada headlamp.
Baca juga:
Performa dan Spesifikasi Yamaha NMAX
Masalah utama Honda Sonic 150R
Cara menambah kecepatan Byson tanpa merubah komponen mesin
Demikian sedikit informasi tentang "Masalah-masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Masalah-masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion"