Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi suara berisik pada mesin Honda New CB 150R

Honda CB150R merupakan motor naked bike dari Honda yang memiliki cukup banyak penggemar, terutama kalangan anak muda. Pabrikan Honda terus melakukan inovasi pada motor sport andalannya ini sebagai upaya untuk memperkuat posisi CB150R sebagai salah satu motor naked bike yang memiliki penjualan cukup tinggi di Indonesia.

Dipasaran, CB150R bersaing ketat dengan beberapa produk pabrikan lain terutama dengan Yamaha Vixion. Oleh karena itu pabrikan Honda terus memperbarui tampilan motor ini agar tidak kalah bersaing dengan kompetitornya.

Tampilan bodinya yang sporty memiliki kesan siap tempur membuat motor ini banyak digemari anak muda di Tanah Air. Tidak hanya itu saja, tampilan luarnya yang sangat sporty juga didukung dengan performa mesin yang cukup mumpuni berkat mesin 150 cc yang digendongnya.

Tapi dibalik semua kelebihannya, Honda New CB150R juga memiliki beberapa kekurangan dibeberapa sektor. Salah satu permasalahan yang sering timbul pada Honda New CB150R Facelift adalah suara mesin yang relatif kasar/berisik.

Suara berisik yang masih dikategorikan normal biasanya berasal dari stelan klep yang terlalu renggang, dan solusinya adalah dengan stel ulang klep sesuai dengan standar yang ditentukan pabrik. Penyebab lainnya adalah volume oli yang berkurang atau viskositas oli yang terlalu encer, dan solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengisi oli sesuai dengan spec dan volume sesuai anjuran pabrik, yaitu 1,2 liter.

Sedangkan untuk suara berisik yang dikategorikan tidak normal biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

- Suara tumbukan "lobe camshaft" ke "rocker-arm".

- Suara tumbukan rocker-arm ke ujung klep.

- Suara tumbukan payung klep ke seating klep di head cylinder.

- Suara kamprat (kendor) yang bergesekan dengan dinding silinder, dan karena sebab-sebab lainnya.

Jika motor masih baru, tentunya semua part seperti camshaft, rocker-arm, klep dan kamprat masih bagus, karena biasanya part-part tersebut sangat kuat. Maka jika perawatan dan oli yang digunakan kualitasnya bagus maka umur part-part tersebut bisa sangat panjang (termasuk part slow moving). Tapi dari part-part standar yang ada, ternyata ada part yang lebih lemah/ringkih dari part yang lain.

Part tersebut biasa disebut tensioner rante mesin/kamprat atau LAT (lifter assy tensioner). Menurut pengalaman beberapa pemilik Honda New CB150R yang memiliki keluhan mesin berisik, rata-rata mengatakan bagian inilah yang menjadi sumber masalah dan setelah distel ulang ternyata masalahnya beres.

Suara berisik pada mesin tersebut terjadi karena daya dorong stud (penonjok) tensioner kurang kuat, sehingga kamprat akan kendor-kenceng. Kamprat kendor saat lobe camshaft free dan akan kencang saat lobe camshaft menekan rocker arm. Kondisi ini berbanding terbalik dengan bagian kamprat lainnya, dan akibat yang ditimbulkannya adalah:

- Suara gesekan tidak merata sehingga menimbulkan gelombang suara dengan periode tertentu.

- Kamprat juga bisa bergerak ke kiri dan ke kanan bergesekan dengan dinding silinder sehingga menimbulkan suara berisik.

- Kendornya camshaft akan mempengaruhi tingkat presisi kerja klep, sehingga pada saat kencang klep akan presisi, tapi pada saat kendor buka tutup klep menjadi tidak presisi sehingga menimbulkan suara yang tidak normal.

Dan ternyata dengan setting ulang tensioner kamprat ini, banyak pemilik Honda New CB150R yang mengaku masalahnya selesai.

Berikut ini langkah-langkah untuk setting ulang tensioner:

• Posisikan piston pada TMA camshaft free, baru kemudian lepas tensioner dengan kunci ring 8.

• Ukur tekanan stud pada kondisi awal, kalau bisa dibandingkan dengan yang baru. Bandingkan dan rasakan tekanannya, jika lebih lemah, maka tensioner harus di stel ulang. Perhatikan juga apakah gerakan stud lancar atau seret, kalau seret berarti harus diganti.

• Lepaskan baut bagian atas sehingga bagian adjuster (lubang obeng min) terlihat, kemudian masukkan obeng min kecil untuk menyetel panjang pendeknya stud. Jika diputar ke kanan maka stud akan memendek, dan jika obeng dilepaskan maka stud akan memanjang karena dorongan baut di dalam tensioner yang diputar oleh gaya pegas pita baja. Jika dilihat bentuk dan mekanismenya, hampir semua tensioner motor Honda sama.

Tapi kalau hanya ingin menambah kekuatan gaya pegasnya, maka tidak perlu sampai membongkar tensioner. Cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

• Putar adjuster sampai tensioner memendek 50%.

• Tahan stud dengan jari dan lepas ring pengunci.

• Masih dengan posisi menahan stud, lepas rumah stud dan putar ke kiri sebanyak 90 - 360 derajad, kemudian pasang lagi dan pasang juga ring penahannya.

Setelah distel ualang, tensioner akan memilki daya dorong yang lebih kuat dari sebelumnya. Jangan lupa jika akan dipasang ke mesin, putar dulu sampai mentok lalu ganjal dengan pengunci, baru baut 8 dipasang.

Setelah baut 8 terpasang kuat, baru penguncinya dilepas, maka stud akan maju dengan sendirinya sampai ketegangan rantai maksimal. Setelah itu tutup bagian pengunci dengan baut.

Baca juga:

Mengupas performa dan spesifikasi Honda CB150R Streetfire

Masalah-masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion

Masalah utama Honda Sonic 150R

Denikian sedikit informasi tentang "Cara mengatasi suara berisik pada mesin Honda New CB 150R". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Mesin Honda New CB150R

Post a Comment for "Cara mengatasi suara berisik pada mesin Honda New CB 150R"