Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menambah kecepatan Byson tanpa merubah komponen mesin

Yamaha Byson memiliki tampang "Moge look" dan tampilan serba besar sehingga terlihat gagah dan kekar. Tapi dengan bodi yang serba besar tersebut jadi mengorbankan perfomanya, sebab tenaga yang dimiliki Yamaha Byson hanya 11 dk dan torsi maksimum hanya 12 Nm.

Byson termasuk sebagai motor street fighter berbekal mesin dengan kapasitas 153cc, 4 langkah, SOHC, 2 klep dan berpendingin udara dengan tipe transmisi manual 5 percepatan.

Untuk membuat performa mesin Byson segarang tampangnya, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa motor ini tanpa harus memakai part tambahan pendongkrak performa apapun, tapi hanya mengandalkan part ori bawaan pabrik dan sedikit tools perbengkelan.

Berikut ini beberapa settingan untuk meningkatkan performa mesin Byson agar lebih garang:

• Klep

Settingan klep yang pas akan membuat torsi Yamaha Byson meningkat dan tenaga tidak kedodoran saat digeber. Dari sekian banyak variasi settingan klep, ukuran yang paling pas adalah IN 0.10 mm dan EX 0.12 mm, ini merupakan toleransi maksimal settingan standart untuk Byson (Ukuran Standart: IN 0.08 mm dan EX 0.10 mm). Dengan settingan ini Byson akan lebih bertorsi khususnya pada rentang RPM menengah sampai atas.

Untuk Byson yang sudah menggunakan knalpot free flow bisa menerapkan settingan IN 0.12 mm dan EX 0.15 mm, settingan ini akan membuat Byson lebih bertorsi dari settingan sebelumnya, tapi untuk Byson yang masih menggunakan knalpot standart jika menerapkan settingan ini efeknya akan timbul suara ngelitik halus pada bagian cylinder head pada saat mesin panas.

• Karburator

Untuk sektor ini pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan semua bagian karburator sampai pada semua lubang-lubangnya, kemudian lakukan ubahan pada posisi clip jarum skep karburator. Letakkan clip jarum skep di pin/ulir paling bawah (Standart-nya di no 2 dari bawah). Stelan mixture screw (settingan udara) berkisar di 1,75 - 2,25 putaran.

• Busi

Untuk busi cukup dilakukan modifikasi pada ujung elektroda busi dan mengatur jarak/celah elektroda busi. Modifikasi busi menjadi SIDE GAP dan atur celah kerenggangan busi menjadi sekitar 1,3 - 1,6 mm sesuai keinginan.

• Rantai

Rantai ori Yamaha Byson cenderung kaku, dan hal ini menyebabkan pergerakan rantai tidak lancar sehingga menambah beban pada putaran mesin. Cara untuk membuat rantai tidak kaku dan memperlancar pergerakannya adalah dengan memotong karet o-ring yang ada pada rantai. Potong dan keluarkan semua karet yang ada pada rantai dengan cara disayat terlebih dulu semua karetnya kemudian cabut 1 persatu dari rantai.

• AIS (Air Induction System)

AIS merupakan salah satu sistem yang wajib ada pada motor-motor sekarang karena berfungsi untuk menekan emisi gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot. Akan tetapi penerapan AIS berdampak pada berkurangnya performa mesin. Jadi jika salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin Byson adalah dengan menonaktivkan komponen AIS.

• TPS (Throttel Position Sensor)

TPS (Throttle Position Sensor) bekerja dengan cara mengirim sinyal ke CDI agar CDI bisa memberikan derajat pengapian (Maju/Mundur) yang tepat pada bukaan gas tertentu.

Dengan menggeser TPS, dapat sedikit memanipulasi sinyal sensor di CDI untuk memaju/mundurkan timing pengapian. Untuk meningkatkan performa Byson, geser TPS searah jarum jam, tujuaanya untuk memundurkan timing agar piston lebih dekat dengan TMA saat proses pembakaran sehingga ledakan diruang bakar sedikit lebih besar dari kondisi standart. 

• Engine Balancer

Engine Balancer bertugas menyeimbangkan torsi dari kruk as pada saat proses pembakaran sehingga getaran mesin menjadi lebih halus dibanding mesin yang tidak menggunakan balancer, contohnya motor-motor keluaran lama seperti Honda Tiger, Megapro lama, GL series dan CB).

Selain sebagai penyeimbang, balancer juga bisa sedikit dirubah fungsinya menjadi bandul pelontar yang dapat membuat gerak naik piston lebih cepat, sehingga mesin bisa lebih cepat mencapai rpm tinggi.

Tapi dengan menggeser balancer, efeknya getaran mesin menjadi sedikit terasa walaupun tidak signifikan dan masih dalam batas wajar.

Dari sekian banyak pergeseran balancer yang dicoba pada beberapa mesin Byson, kombinasi yang paling pas adalah dengan menggeser gear balancer searah jarum jam sebanyak 2 mata.

Baca juga:

Cara menambah top speed Honda Scoopy Fi

Cara setting Satria FU agar lebih galak dan kencang

Cara mudah meningkatkan performa RX King agar lebih galak

Demikian sedikit informasi tentang "Cara menambah kecepatan Byson tanpa mengganti komponen mesin". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Yamaha Byson

Post a Comment for "Cara menambah kecepatan Byson tanpa merubah komponen mesin"