Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menambah top speed Honda Scoopy Fi

Honda Scoopy Fi adalah salah satu skutik keluaran dari pabrikan Honda yang terbilang sukses dipasaran dan banyak peminatnya.

Motor ini dikhususkan bagi konsumen yang menyukai gaya retro. Honda Scoopy Fi yang memiliki kapasitas mesin 110 cc ini memang identik dengan gaya mengemudi santai dan bukan untuk kebut-kebutan.

Tapi jika ingin meningkatkan performa skutik retro ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan powernya, antara lain:

• Perubahan pada ruang bakar

Agar didapatkan hasil pembakaran yang besar, maka volume silinder perlu ditingkatkan dengan cara mengganti piston standar dengan piston milik Kawasaki Kaze yang berdiameter 54 mm.

Agar piston Kawasaki Kaze dapat masuk pada silinder Scoopy tentu perlu dilakukan bore up, cukup 54 mm saja maka volume silinder sudah naik menjadi 125 cc. Untuk jalur masuk udara pada klep standar masih tetap digunakan, tapi pernya ditarik sedikit agar lebih keras/kaku.

• Perubahan CVT

Tahap berikutnya asalah bagian penerus daya, dengan cara mengganti roller standar dengan roller 10 gram dan pully merk TDR. Per CVT asli dilepas dan kemudian diganti dengan milik Kymco standar karena lebih keras dan panjang.

• Perubahan pada Throttle Body

Agar asupan bahan bakar sesuai dengan kapasitas mesin, maka part yang lain juga perlu disesuaikan. Untuk Throttle Body dapat diganti dengan milik Honda Vario 125 serta Injector juga dapat diganti milik Honda CB 150R.

• Perubahan pada ECU

Part ECU merupakan otak dari mesin yang telah menerapkan sistem Injeksi, karena beberapa part sudah mengalami perubahan maka ECU standar sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhan mesin. ECU bekerja dengan sensor-sensor yang ada di kendaraan.

Agar kinerja ECU dapat sesuai dengan kebutuhan mesin, maka harus memanipulasi data dari sensor-sensor tersebut. Caranya dengan memasang Piggy Back merek API Tech. untuk settingan AFR disetel di angka 13,2.

• Perubahan pada Noken AS

Supaya proses pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang menjadi lancar makan noken as juga perlu disesuaikan. Untuk durasi noken as dibuat 240 derajat, karena dengan durasi ini motor masih aman digunakan untuk harian.

Dari semua ubahan di atas, maka power standar Honda Scoopy yang tadinya 8,28 dk pada 8000 rpm naik menjadi 13,17 dk pada 8914 rpm. Selain itu torsi standar yang tadinya hanya 8,32 Nm/5500 rpm naik menjadi 12,5 Nm/8654 rpm.

Baca juga:

Cara setting Satria FU agar lebih galak dan kencang

Tips ringan agar tarikan Yamaha Mio M3 lebih kenceng

Kelebihan dan kekurangan Yamaha NMAX vs Honda PCX

Demikian sedikit informasi tentang "Cara menambah top speed Honda Scoopy Fi". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Honda Scoopy

Post a Comment for "Cara menambah top speed Honda Scoopy Fi"