Cara meningkatkan kecepatan Honda Supra X 125 karbu
Untuk menambah kecepatan Honda Supra X 125 agar lebih kencang dengan sedikit korekan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Honda Supra X memang memiliki beberapa kelemahan pada performa mesinnya yang dirasa kurang optimal.
Kekurangan paling menonjol pada Honda Supra X 125 yaitu mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Dan kekurangan lainnya yaitu ketika cuaca panas atau siang hari larinya menjadi lebih berat dan pada saat cuaca dingin atau pada malam hari larinya menjadi lebih enteng.
1. Mesin ngedrop ketika oper gigi
Masalah pertama yaitu mengenai mesin ngedrop ketika oper dari gigi 3 ke gigi 4 ini berkaitan dengan gearbox karena spek rasio gigi Honda Supra X 125 adalah:
- Gigi 1: 35/14
- Gigi 2: 31/20
- Gigi 3: 23/20
- Gigi 4: 24/26
Jika melihat spek rasio giginya, maka tidak heran jika pada gigi 2 kecepatan motor ini bisa tembus sampai angka 75 km/jam, sedangkan ketika oper dari gigi 3 ke gigi 4 justru selalu ngedrop.
Cara yang paling umum untuk menangani masalah ini adalah dengan mengganti rasio giginya atau meningkatkan perbandingan kompresinya. Tapi untuk motor yang dipakai harian, sebaiknya dengan meningkatkan rasio kompresinya saja.
Untuk meningkatkan rasio kompresi bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
• Mengganti piston
Honda Supra X 125 memiliki piston dengan permukaan cekung, artinya pilihan piston yang bisa di aplikasikan untuk meningkatkan kompresinya adalah dengan mengganti piston dengan yang permukaannya rata atau flat, sebab jika diganti dengan piston cembung tentu perbandingan kompresinya menjadi terlalu tinggi.
• Memangkas blog silinder
Jika menggunakan cara ini, piston standar masih tetap bisa digunakan. Blok standar bisa dipangkas 1 mm, dan secara otomatis permukaan piston akan naik sebanyak 1 mm.
Agar kompresi tidak terlalu naik, permukaan piston juga harus dipapas sebanyak 1mm. Hasilnya permukaan piston Honda Supra X 125 yang tadinya cekung menjadi rata atau flat.
Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder dengan permukaan piston diset pada 0,2 - 0,3 mm. Pada kasus tertentu ternyata jarak antara permukaan piston dan tepi blok silinder pernah ditemui sampai 0,6 mm, maka efeknya pembakaran menjadi terlalu luas dan akibatnya kemampuan mesin pada putaran menengah ke putaran atas menjadi anjlok.
Dengan pemapasan blok silinder dan tetap menggunakan kem dan CDI standar bisa membuat top speed mencapai 125 - 130 km/jam dengan catatan kondisi motor masih normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan pada laju motor.
2. Perbedaan performa mesin pada saat cuaca panas dan dingin
Permasalahan yang kedua yaitu mengenai perbedaan performa Honda Supra X 125 pada saat siang/panas dan malam/dingin. Cara menanganinya cukup mudah, yaitu dengan setting ulang karburator dengan setelan angin pada 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya 75 menjadi 80, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat.
Dengan cara diatas sebetulnya sudah cukup untuk meningkatkan kecepatan Honda Supra X 125, tapi kalau mau lebih maksimal lagi, bisa dilakukan dengan mengganti beberapa part lainnya, antara lain:
• Mengganti per kopling
Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembek, jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling racing seperti merk TDR, HRP, BRT, DAYTONA, KITACO dan lainnya. Kalau mau biayanya lebih murah, bisa dengan menambah ring pada baut pengunci kampas kopling, cukup satu atau dua ring saja.
• Mengganti kampas kopling
Dengan mengganti kampas kopling, maka daya cengkram kampas kopling menjadi semakin mantab, jadi tidak terjadi selip pada saat motor melaju.
Kampas kopling bisa diganti dengan kampas kopling racing dengan merk seperti TDR, BRT, DAYTONA, KITACO dan lainnya. Dengan penggantian kampas kopling racing, maka pada waktu pindah gigi, putaran mesin tidak terlalu ngedrop. Selain itu tarikannya juga bertambah kencang dan tenaga motor lebih stabil ditanjakan. Jadi intinya, dengan menggunakan kampas kopling racing, maka tenaga mesin tersalur semua ke transmisi karena tidak terjadi selip.
• Mengganti CDI
CDI standar pada motor biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) untuk membatasi agar motor tidak terlalu tinggi rpm-nya. Untuk meningkatkan performa Honda Supra X 125 bisa dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing (non limiter).
Sekarang sudah banyak produsen CDI racing yang memproduksi CDI untuk harian, misalnya saja BRT dan REXTOR. Penggantian CDI racing sangat efektif untuk mengoptimalkan pembakaran sehingga top speed motor bisa naik secara signifikan.
Baca juga:
Upgrade CVT Yamaha NMAX agar lebih kencang
Cara menambah kecepatan Byson tanpa merubah komponen mesin
Cara setting Satria FU agar lebih galak dan kencang
Demikian sedikit informasi tentang "Cara meningkatkan kecepatan Honda Supra X 125 karbu". Untuk informasi lain seputar dunia Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara meningkatkan kecepatan Honda Supra X 125 karbu"