Upgrade CVT Yamaha NMAX agar lebih kencang
![]() |
YAMAHA NMAX |
Ratu Korex - Yamaha NMAX diklaim memiliki performa paling tinggi di kelasnya karena mengandalkan teknologi Variable Valves Actuation (VVA) yang dapat menciptakan torsi dan tenaga maksimum pada semua putaran mesin.
Yamaha NMAX memiliki tenaga 11.1 kilowatt (kW) pada putaran mesin 8.000 rotasi per menit (rpm) dengan torsi 14,4 Newton meter pada putaran 6.000 rpm. Yamaha NMAX diklaim paling ringan dengan bobot 120 kg.
Performa mumpuni pada Yamaga NMAX tersebut karena adanya teknilogi VVA yang menjaga tenaga dan torsi tetap maksimum, termasuk pada saat kritis 6.000 rpm.
Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dengan dua jenis cam (low speed cam dan high speed cam). VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core Yamaha yang diklaim memiliki beberapa keunggulan, yaitu: pembakaran lebih optimal, pendinginan lebih maksimal, dan minim gesekan.
Di sektor rangka, Yamaha NMAX diklaim memiliki stabilitas tinggi karena memiliki struktur delta shape yang kuat dan ringan. Letak tangki bahan bakar di tengah center tunnel membuat motor menjadi lebih stabil. Ada juga twin shock absorber yang membuat goyangan motor aman saat bermanuver. Bodi NMAX disokong oleh ban lebar 13 inchi (depan 110/70 – 13 M/C 48P, dan belakang 130/70 – 13 M/C 63P).
Baca juga: Cara mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan Yamaha Aerox 155
Jika melihat dari spesifikasinya, sebetulnya Yamaha NMAX sudah cukup mumpuni dikelasnya. Tapi banyak pemilik Yamaha NMAX yang masih kurang puas dengan performa standart skutik andalan Yamaha ini.
Sebetulnya ada banyak cara untuk meningkatkan performa Yamaga NMAX dengan penggantian beberapa part racing yang banyak dijual dipasaran dsngan berbagai merk.
Tapi jika motor hanya dipakai untuk harian, sebaiknya tidak perlu melakukan penggantian part racing. Daripada mengganti komponen-komponen motor yang harganya mahal, lebih baik upgrade bagian penyalur tenaga ke roda belakang saja atau CVT.
Untuk mrningkatkan performa Yamaha NMAX yang hanya dipakai untuk harian cukup bermain di sektor CVT saja, karena kapasitas mesin NMAX sudah cukup mumpuni yaitu 155 cc.
Dengan ungrade sektor CVT maka tenaga Yamaha NMAX akan semakin ngisi dari putaran bawah, tengah sampai putaran atas.
Kuncinya ada pada puli depan dan rumah roller yang di-custom. Kemiringan puli depan dan kipas puli dipapas menjadi 13,8 derajat kalo diukur dengan busur. Tujuannya untuk mengejar tarikan bawah agar makin cepat.
Tidak hanya itu, jalur roller pada rumahnya juga harus dipapas, jalur pemberat tersebut dikerok sampai pada bibir atas variatornya. Tujuannya untuk mengejar top speed.
Agar akselerasi bawah sampai atas semakin panjang, maka saat posisi roller diam atau dekat boshing puli juga dikerok atau disamaratakan. Stop and go menjadi semakin cepat dengan memadukan roller bawaan Yamaha Xeon yang beratnya 9,51 gram atau 10 gram.
Baca juga:
Cara menambah top speed Honda Scoopy Fi
Tips ringan agar tarikan Yamaha Mio M3 lebih kenceng
Tips sederhana untuk meningkatkan performa Yamaha Jupiter MX
Demikian sedikit informasi tentang cara upgrade CVT Yamaha NMAX agar lebih kencang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Upgrade CVT Yamaha NMAX agar lebih kencang"