Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Yamaha Vega ZR
Ratukorex.club – Yamaha Vega ZR pernah menjadi motor bebek dengan penjualan yang cukup laris di masanya dan meskipun sekarang sudah tidak di produksi lagi tapi motor ini masih cukup digemari.
Sebagai motor bebek low end, Yamaha Vega ZR memang jarang di modif, apalagi untuk sektor performa mesin.
Meskipun kapasitas mesinnya hanya 115 cc, tapi motor ini juga bisa dikorek agar menjadi motor yang garang, bahkan bisa mengasapi motor-motor keluaran terbaru.
Top speed Yamaha Vega ZR standar hanya sekitar 105 km/jam dalam kondisi baru, tentunya untuk kondisi sekarang sudah tidak mampu mencapai 105 km/jam.
Tapi setelah di modifikasi, tenaganya bisa naik menjadi sekitar 4,59 dk menjadi 11,9 dk dari standarnya 7 dk, dan top speednya bisa tembus 140 km/jam dengan rasio gear depan 16 dan belakang 35.
Berikut ini cara mudah meningkatkan power dan top speed Yamaha Vega ZR:
1. Ganti Piston
Yamaha Vega ZR memiliki blok yang sangat tebal karena jarak antar baut blok cukup jauh sehingga lebih mudah jika akan diganti piston yang lebih besar.
Untuk piston bisa diganti dengan piston Honda Sonic oversize 150 (59,5 mm), dan kebetulan pen-nya juga sama, yaitu 13 mm. Dengan penggantian piston ini maka kapasitas cylindernya meningkat menjadi 160,9 cc.
Untuk boring diganti dan diset agar aman dipasang piston 62 mm, sedangkan crank case tidak di ubah karena lubangnya sudah besar, dan untuk cylinder head hanya di ubah squish-nya menyesuaikan piston.
2. Ganti Kem Mio
Untuk mengatur suplai bahan bakar dan pembuangannya menggunakan kem aftermarket. Sebaiknya jangan menggunakan yang untuk Vega ZR karena akan sulit. Kita bisa menggunakan kem Mio karena ukurannya sama, tinggal pindahkan lakhernya. Untuk merk-nya bisa menggunakan Kawahara tipe K1.
3. Ganti Karburator PE 24
Untuk memaksimalkan suplai bahan bakar ke dalam mesin, ganti karburator standar dengan karburator Keihin 24 (settingan pilot jet 38 dan main jet 108). Agar bisa terpasang gunakan intake manifold Marathon dan filternya menggunakan Koso.
4. Ganti knalpot aftermarket
Untuk sektor pembuangan sebaiknya gunakan knalpot free flow agar aliran gas sisa pembakaran menjadi lebih plong.
5. Ganti CDI racing
Sektor pengapian juga perlu di maksimalkan untuk mengimbangi ubahan yang sudah dilakukan di sektor dapur pacu. Kita bisa menggunakan CDI BRT Hyperband.
6. Gunakan kampas kopling TDR
Gunakan kampas kopling TDR dengan per mataharinya didobel dan ditekuk agar lebih mencengkeram dan tidak selip.
Baca juga:
Demikian sedikit informasi tentang cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Yamaha Vega ZR yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel Ratu Korex lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara meningkatkan tenaga dan kecepatan Yamaha Vega ZR"