Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan cara mengatasi ban depan motor yang botak sebelah

gambar ban depan sepeda motor
Ban depan sepeda motor

Ratukorex.club – Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan termasuk sepeda motor, karena tanpa ban tentunya sepeda motor tidak bisa dikendarai dengan semestinya.

Ban juga merupakan komponen penunjang keamanan dan kenyamanan sepeda motor, karena jika kondisi ban sudah gundul atau tipis tentunya akan membahayakan karena rawan bocor atau meletus.

Selain itu jika kondisi ban sudah gundul atau tipis juga sangat rawan jatuh ketika melewati jalan yang licin/basah. Oleh karena itu, kondisi ban pada sepeda motor harus selalu dalam kondisi baik untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.


Tapi seringkali kita mengalami ban depan sepeda motor yang botak sebelah atau tipis sebelah, tentunya cukup membingungkan ketika akan menggantinya karena yang sisi sebelahnya masih bagus.

Kondisi ban yang tipis sebelah juga akan mengurangi kenyamanan saat berkendara dan berbahaya ketika melakukan manuver.

Normalnya, bagian ban motor yang akan habis/tipis dulu adalah bagian tengahnya karena lebih sering bergesekan dengan permukaan jalan. Sedangkan bagian pinggir ban hanya bergesekan dengan aspal atau permukaan jalan ketika berbelok saja sehingga kembangannya akan lebih awet.

Jadi jika ban sepeda motor tipis sebelah berarti ada komponen-komponen yang tidak normal atau tidak balance.

Berikut ini beberapa penyebab ban motor botak/tipis sebelah dan solusinya:

gambar ban sepeda motor botak sebelah
Ban motor botak sebelah

1. Cek  kondisi bearing/laher pada tromol ban depan sepeda motor. Caranya dengan menaikkan atau mengangkat ban depan sepeda motor dengan posisi motor distandar tengah.

Setelah ban terangkat kemudian goyang ban kekanan dan kekiri, jika tersa oblak berarti bearing/lahenya rusak. Hal itu menyebabkan putaran roda menjadi tidak balance sehingga membuat karet ban terkikis sebelah.

2. Periksa putaran disk cakram depan apakah seret atau lancar. Cek juga apakah cakram berputar center atau bengkok.

Jika piringan cakram ternyata tidak center sebaiknya segera diperbaiki atau diganti karena selain akan meyebabkan rem menjadi kurang pakem dan menghambat laju sepeda motor, hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab ban motor gundul sebelah.

3. Periksa shockbreker depan apakah ada kebocoran pada sealnya. Karena jika ada kebocoran akan menyebabkan tekanan pada ban depan menjadi tidak stabil/tidak rata. Akibatnya tekanan ban ke aspal atau ke permukaan jalan menjadi tidak rata dan membuat ban tipis sebelah.

Jadi jika sockbreker depan mengalami kebocoran sebaiknya segera ganti seal dikedua tabungnya dengan yang baru dan olinya juga sekalian agar tekanannya menjadi seimbang.

Jika tidak ada kebocoran, sebaiknya ganti oli pada kedua tabungnya agar tekanan dikedua tabung sockbreker menjadi seimbang.

Cek juga per yang ada didalam tabung sockbreker, pastikan per-nya sama dan panjangnya juga sama karena bisa saja ketika membeli motor bekas ada komponen-komponen yang sudah diganti.

4. Cek bagian T, apakan masih center atau sudah bengkok. Kondisi T yang tidak center bisa disebabkan karena motor pernah terjatuh atau pernah mengalami kecelakaan.

Jika T atau dudukan sockbreker depan bengkok, maka ban depan juga akan menjadi tidak center dan hal itu akan menyebabkan ban botak sebelah.

Cara mengatasasinya yaitu dengan memperbaiki T yang bengkok tersebut atau menggantinya agar kembali center.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi ban depan motor botak sebelah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel Ratu Korex lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Penyebab dan cara mengatasi ban depan motor yang botak sebelah"