Cara setting karburator Yamaha Byson agar tarikannya kencang
![]() |
Yamaha Byson Karbu |
Ratukorex.club – Yamaha Byson adalah salah satu motor sport Yamaha yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2010. Motor ini memiliki tampilan yang gagah dan sangar dengan bodi bongsor serta menggunakan tangki berjenis strong muscle tank yang terlihat menjulang tinggi semakin menambah garang tampilannya.
Yamaha Byson versi lawas masih menggunakan sistem bahan bakar karburator dan dibekali mesin berkapasitas 153 cc, SOHC, 2-Valve, 4-stroke dan berpendingin udara. Mesin Yamaha Byson dapat menghasilkan tenaga hingga 13,73 hp pada putaran 7.500 rpm, serta torsi maksimal 13,6 Nm pada putaran 6.000 rpm.
Tapi tampilannya yang gagah dan garang tidak sebanding dengan tenaganya yang terbilang kecil untuk motor kelas 150 cc. Kekuarangan Yamaha Byson karbu yang paling terasa adalah pada akselerasinya yang cenderung loyo. Kemungkinan hal itu juga dipengaruhi karena penggunaan karburator vakum dan intake manifold yang terlalu panjang sehingga pasokan bahan bakar dari karburator ke ruang bakar tidak bisa berlangsung dengan cepat.
Baca juga: Masalah-masalah yang sering timbul pada mesin Yamaha Vixion Old
Salah satu cara untuk membuat tarikan awal Yamaha Byson menjadi lebih galak adalah dengan setting ulang karburator, terutama bagian pilot jet dan main jet yang merupakan komponen utama dalam membantu kinerja karburator.
Saat mesin motor dihidupkan, maka suplai bahan bakar dialirkan melalui pilot jet sampai putaran menengah. Jadi, fungsi pilot jet adalah untuk membantu akselerasi mesin pada putaran bawah sampai menengah.
Oleh karena itulah untuk mendapatkan tarikan awal yang galak biasanya ukuran pilot jet yang disetting ulang karena komponen inilah yang berperan penting untuk menunjang kinerja mesin pada putaran bawah sampai menengah.
Tapi untuk merubah ukuran pilot jet juga tidak boleh sembarangan karena jika ukurannya kurang pas akan membuat performa mesin tidak bisa maksimal. Untuk mengetahui apakah settingannya sudah pas bisa dengan melihat kondisi busi setelah pilot jet diganti. Jika elektroda busi berwarna putih berarti suplai bahan bakar terlalu miskin (kurang), atau ukuran pilot jetnya terlalu kecil.
Jika ukuran pilot jetnya terlalu besar maka ketika gas diputar dengan spontan, mesin motor tidak langsung meraung tapi terkadang terasa seperti mbrebet karena pasokan bahan bakar yang terlalu banyak tidak bisa terbakar dengan sempurna. Tapi setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan kembali normal.
Sedangkan main jet akan mulai mengalirkan bahan bakar pada putaran menengah sampai putaran atas. Jadi untuk menambah top speed sepeda motor karbu, biasanya mekanik akan memperbesar ukuran main jet agar mesin mendapatkan pasokan bahan bakar yang cukup pada putaran atas sehingga motor bisa mencapai kecepatan maksimal.
Untuk mengganti main jet juga tidak boleh sembarangan karena jika ukuranya kurang pas justru akan membuat performa mesin menjadi tidak bisa maksimal. Jika setelah ganti main jet mesin motor langsung meraung saat digeber berarti ukuran main jet terlalu kecil. Akibatnya meskipun motor terasa ringan pada tarikan awal tapi top speednya tidak bisa maksimal. Tapi jika ukuran main jetnya kebesaran maka mesin motor akan mbrebet pada putaran atas karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebihan tidak bisa terbakar dengan sempurna didalam ruang bakar.
Intinya, pilot jet lebih berkaitan dengan pasokan udara sedangkan main jet lebih berkaitan dengan pasokan behan bakar. Jadi, settingan pilot jet dan main jet harus seimbang karena jika salah satunya kurang pas maka kinerja mesin tidak akan bisa maksimal.
Baca juga: Cara meningkatkan kecepatan Suzuki Satria FU Injeksi
Berikut ini cara setting karburator Yamaha Byson untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatannya:
1. Siapkan pilot jet milik Yamaha Scorpio dengan ukuran 17,5.
2. Siapkan main jet milik Suzuki Satria FU dengan ukuran 115.
3. Lepas karburator Yamaha Byson kemudian ganti pilot jet dan main jet bawaannya lalu ganti dengan pilot jet Yamaha Scorpio dan main jet Suzuki Satria FU yang sudah disiapkan.
Ukuran pilot jet standar Yamaha Scorpio adalah 15, sedangkan ukuran main jet standar Suzuki Satria FU adalah 112,5. Penggunaan pilot jet ukuran 17,5 dan main jet ukuran 115 tersebut dapat meningkatkan akselerasi dan kecepatan Yamaha Byson meskipun tidak terlalu signifikan, tapi efeknya BBM menjadi lebih boros dari sebelumnya.
Setelah pilot jet dan main jet diganti, langkah selanjutnya adalah memasang kembali karburator lalu setting ulang karburator untuk mendapatkan performa yang lebih sempurna. Putar baut stelan udara searah jarum jam sampai mentok, kemudian putar 2,5 putaran kearah sebaliknya, atau cari putaran RPM yang paling tinggi. Setelah didapatkan putaran mesin yang paling tinggi, kemudian stel baut stasioner disesuaikan agar putaran mesin langsam atau pada putaran 1500 RPM.
Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit agar suhu mesin ideal. Setelah itu geber mesin dalam kondisi netral dengan memutar gas sampai mentok di ulang 5 - 10 kali. Jika mesin tidak mbrebet di putaran atas berarti settingannya sudah tepat.
Tapi untuk mengetahui apakah settingan bahan bakar dan udaranya sudah pas atau belum caranya dengan melihat kondisi elektroda busi. Matikan mesin kemudian lepas businya, jika elektroda busi terlihat berwarna hitam dan basah berarti campuran bahan bakarnya terlalu banyak dan campuran udara terlalu sedikit. Solusinya dengan menambah pasokan bahan bakar atau mengurangi asupan bahan bakarnya.
Jika elektroda busi berwarna putih/kering berarti konsumsi BBM miskin dan asupan udara kaya, dan jika elektoda busi berwarna merah bata merata pada bibir dan elektroda busi berarti campuran bahan bakar dan udara sudah pas (ideal).
Dengan cara ini maka tarikan awal Yamaha Byson akan menjadi lebih enteng dari standarnya dan top speednya juga akan bertambah meskipun tidak signifikan.
Baca juga: Masalah-masalah yang sering timbul pada Yamaha New Vixion
Demikian informasi tentang cara setting karburator Yamaha Byson agar tarikannya kencang. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel Ratu Korex lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara setting karburator Yamaha Byson agar tarikannya kencang"