Masalah-masalah yang sering timbul pada mesin Yamaha Old Vixion
Ratukorex.club - Sejak pertama kali diluncurkan, Yamaha Vixion langsung merebut perhatian para bikers di Indonesia, terutama kalangan anak muda. Dengan tampilannya yang sporty perpaduan konsep klasik head lamp bundar dan konsep modern rangka delta box serta dibekali tehknologi baru, motor ini langsung menguasai pasar motor sport 150cc di Indonesia waktu itu.
Yamaha Vixion versi awal dikenal lebih bandel, lebih
tangguh, lebih irit, dan spare partnya mudah didapat. Selain pada sektor mesin,
motor ini juga memiliki keunggulan di sektor pengereman yang sangat mumpuni,
terutama pada rem depan. Keunggulan rem depan Yamaha Vixion memang jauh di atas
kompetitornya.
Karena keunggulan-keunggulannya itulah sampai sekarang Yamaha
Vixion Old atau versi lama masih tetap banyak peminatnya meskipun sudah ada
versi terbarunya yang dari segi tampilan lebih sporty dan modern dengan tambahan
fitur-fitur baru yang canggih. Keunggulan di sektor mesin itulah yang membuat
Vixion Old masih tetap diminati.
Tapi jika berniat membeli Yamaha Vixion lama, ada hal-hal yang perlu diperhatikan karena biasanya ada beberapa masalah yang sering timbul pada mesin Yamaha Vixion lama karena sudah termasuk motor tua. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah mesin brebet dengan gejala seperti kehabisan bensin saat digeber pada RPM tinggi yang disertai suara nembak dari knalpot. Selain itu ada juga permasalahan lain yang sering timbul terutama pada Vixion generasi pertama, yaitu sering mogok yang disebabkan oleh gangguan pada pompa bahan bakar yang macet akibat kotor, berkarat dan bocor serta masalah-masalah lainnya karena faktor usia motor yang sudah tua atau karena sebab lainnya.
Berikut ini beberapa
permasalahan yang sering timbul pada mesin Yamaha Old Vixion:
- Mesin brebet dan
nembak
Masalah mesin brebet bisa disebabkan oleh beberapa faktor,
seperti pemakaian knalpot after market yang tidak cocok dan karena pemakaian
busi yang tidak cocok atau hampir mati sehingga proses pembakaran menjadi tidak
sempurna.
Oleh karena itu, jika Yamaha Vixion memakai knalpot
aftermarket, sebaiknya di imbangi dengan pemakaian busi dengan spesifikasi yang
lebih tinggi, yaitu busi platinum atau iridium sehingga percikan api lebih
terpusat dan pembakaran menjadi lebih sempurna.
Busi yang kotor juga bisa membuat mesin Vixion brebet dan
suara knalpotnya nembak-nembak. Untuk mengatasinya cukup dengan membersihkan
bagian elektroda busi dari kerak-kerak yang menempel menggunakan sikat kawat
dan bensin. Lakukan juga penyetelan pada celah elektroda busi sekitar 0,8 mm.
Gejala mesin brebet juga bisa disebabkan karena filter udara
sudah terlalu kotor sehingga aliran udara kedalam mesin menjadi terhambat. Bahkan,
debu halus bisa ikut terhisap kedalam ruang bakar dan menimbulkan kerak yang
menempel pada busi sehingga memicu munculnya gejala knalpot nembak dan mesin brebet.
Untuk memeriksa kondisi filter udara, buka box filter dan dan bersihkan
filternya. Tapi jika kondisinya sudah parah dan tidak bisa dibersihkan lagi
sebaiknya diganti dengan yang baru.
- Susah oper gigi
Masalah lain yang sering timbul pada Yamaha Vixion lama
adalah susah oper gigi, tertama ketika akan di netralkan. Saat oper gigi biasanya
juga terasa keras dan kasar. Hal itu disebabkan karena posisi kedua nok di tuas penekan kopling dan
di karter mesin tidak sejajar.
Untuk mengatasi hal itu bisa dengan melakukan penyetelan
pada setelan yang ada di pangkal kabel kopling bagian atas dan bawah. Tapi jika
sudah distel tapi masih tetap susah oper gigi, maka perlu cek bagian tuas
penekan kopling. Kemungkinan terdapat masalah pada batang tuas penekan
koplingnya atau pada kampas koplingnya.
- Pompa bensin macet
Dari generasi pertama, Yamaha Vixion sudah menggunakan
sistem bahan bakar injeksi, sehingga keberadaan pompa bensin sangat vital
sebagai penyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Posisi pompa bensin berada didalam
tangki BBM sehingga sulit untuk melakukan pengecekan. Jika usia pemakaiannya sudah
lama biasanya saluran yang bernama impeler sering mampet karena endapan kotoran
dalam tangki akan turun dan menyumbat saluran bensin.
Fungsi dari impeler adalah untuk menjaga kestabilan tekanan
bahan bakar agar tetap pada batas 250 kpa. Permasalahanya timbul ketika RPM
mesin naik tapi tekanan dari fuel pump tidak ikut bertambah sehingga tenaga
motor terasa ngempos. Untuk mengatasinya, kotoran yang menumpuk pada filter
bahan bakar harus dibersihkan agar saluran bahan bakar kembali normal.
Tapi jika rotak atau dinamo pompanya sudah lemah karena usia
pemakaian, solusinya adalah dengan mengganti fuel pump assy atau satu set. Harganya
cukup mahal untuk yang ori karena harus beli satu set fuel pump assy termasuk
pelampung dan filter bensin. Tapi hal itu bisa di akali dengan hanya mengganti
rotaknya saja. Ada banyak rotak aftermarket di pasaran dengan harga lebih
terjangkau daripada harus beli satu set fuel pump.
Baca juga:
Oli samping yang bagus untuk Kawasaki Ninja 2 tak
Busi yang bagus untuk meningkatkan performa sepeda motor
Keunggulan tekhnologi Blue Core andalan Yamaha
Demikian informasi tentang masalah-masalah yang sering
timbul pada mesin Yamaha Old Vixion. Untuk informasi lain seputar Otomotif,
dapat dibaca pada artikel RATU KOREX
lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Masalah-masalah yang sering timbul pada mesin Yamaha Old Vixion"