Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan silinder kop nanas YZ 18G untuk RX King

Ratu Korex
Yamaha RX King

Ratukorex.club - Silinder kop nanas sangat populer dikalangan pengguna RX King karena selain dapat menambah keren penampilan, juga dapat meningkatkan performa mesin RX King. Sebetulnya dengan memakai silinder kop standar saja performa RX King sudah di atas rata-rata motor lain dikelasnya. Tapi bagi pecinta modifikasi dan kecepatan, kop nanas adalah pilihan yang tepat untuk merubah penampilan dan tenaga Yamaha RX King.

Ratu Korex
Silinder kop nanas YZ 18G

Silinder kop nanas atau head cylinder YZ 18G yang banyak dipakai para pengguna RX King adalah type G karena sudah terbukti cukup ampuh untuk mendongkrak tenaga dan akselerasi RX King. Selain itu dengan menggunakan silinder kop nanas penampilan RX King juga menjadi semakin sangar.

Karena tidak memakai klep, mesin motor 2 tak akan mengalami panas berlebih pada bagian lubang exhaust. Jadi, jika gas buang tidak dapat keluar secara cepat akan mengakibatkan panas berlebih pada mesin (over heat) dan dapat menyebabkan piston dan ring cepat aus. Dengan memakai kop nanas dapat mengurangi panas mesin karena sirip-sirip pada kop nanas didesain untuk menyalurkan udara ke mesin secara optimal sehingga bisa melepaskan panas lebih cepat.

Tapi untuk memasang kop nanas pada RX King sebaiknya perlu disesuaikan dulu antara diameter squish kop nanas dan diameter buring RX King agar nantinya mesin tidak bermasalah. Silinder kop nanas YZ 18G memiliki diameter 57 mm, sedangkan silinder kop standar RX King OS 0 memiliki diameter 58 mm. Jika langsung dipasang tanpa menyesuaikan ukuran diameternya dapat menyebakan masalah ketika mesin digeber pada RPM tinggi seperti timbulnya knocking atau nglitik. Akibatnya baut tanam pada blok silinder bisa jebol/dol dan piston bisa membentur head silinder karena kompresi padat yang beradu.

Untuk mengatasinya, sebelum dipasang kop nanas tersebut harus dibubut dulu squishnya dari yang semula 57 mm dilebarkan menjadi 58 mm untuk mesin RX King OS 0, cukup dilebarkan 1 mm saja. Sedangkan untuk mesin RX King yang sudah over size (OS) 25, head nanas harus dibubut 1,25 mm, dan untuk yang sudah OS 50, head nanas harus dibubut 1,5 mm dan seterusnya menyesuaikan OS (over size) dari buringnya.

Untuk penggunaan harian, sebaiknya derajat squish dan kubahnya tidak perlu dirubah karena dengan kondisi standar saja kompresi sudah padat dan dapat membuat tarikan RX King lebih galak, karena dengan sedikit saja perubahan pada head silinder dan squishnya sudah dapat meningkatkan performa mesin 2 tak yang cukup signifikan.

Ratu Korex
Bentuk squish dan kubah kop nanas 18G

Baca juga:

Merk oli samping yang cocok untuk RX King

Cara modifikasi membran RX King agar tambah kencang

Type busi yang cocok untuk meningkatkan performa RX King

Demikian informasi tentang kelebihan silinder kop nanas YZ 18G untuk RX King yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih


Post a Comment for "Kelebihan silinder kop nanas YZ 18G untuk RX King"