Perbandingan performa dan spesifikasi Honda CBR 250R vs Kawasaki Ninja 250FI
Pasar motor sport 250cc kini tidak lagi didominasi oleh Kawasaki dengan produk andalannya Ninja 250, pasalnya Honda dan Yamaha juga sudah ikut meramaikan kelas 250cc dengan produk andalannya yaitu Honda CBR250RR dan Yamaha R25 yang menawarkan banyak fitur-fitur baru yang sangat menarik.
Tapi persaingan yang paling ketat saat ini adalah antara Kawasaki Ninja 250FI dan Honda CBR250RR karena kedua motor sport inilah yang paling banyak menarik minat konsumen Indonesia.
Kawasaki Motor Indonesia telah meluncurkan Ninja 250FI terbaru yang memiliki spesifikasi mesin lebih unggul di atas kertas dibandingkan Honda CBR250RR.
Kawasaki Ninja 250FI terbaru tetap menggunakan mesin dua silnder berkapasitas 249 cc berpendingin cairan yang mampu menghasilkam tenaga sebesar 39 PS setara dengan Kawasaki Ninja 300. Torsinya juga mengalami peningkatan menjadi 23,5 Nm. Kawasaki Ninja 250FI menggunakan kombinasi diameter dan langkah: 62 mm x 41,2 mm.
Sedangkan power Honda CBR250RR sebesar 38,17 HP dengan torsi maksimum 23,3 Nm. Mesin CBR menggunakan diameter dan langkah: 62,0 mm x 41,4 mm.
Bobot Kawasaki Ninja 250FI terbaru hanya 164 Kg, sedangkan Honda CBR250RR bobotnya 168 Kg. Semakin ringan bobot sepeda motor akan mempengaruhi power to weight ratio, maka motor akan melaju semakin kencang.
Kawasaki Ninja 250FI masih mengandalkan speedometer dengan kombinasi digital dan analog, masih sama dengan Ninja 250 versi sebelumnya. Sedangkan Honda CBR250RR sudah menggunakan speedometer full digital.
Kawasaki Ninja 250 memiliki desain merucing tidak jauh beda dengan Honda CBR250RR yang futuristik. Desain fairing bagian depan secara garis besar tidak jauh beda dengan Yamaha R25.
Suspensi depan Kawasaki Ninja 250 terbaru masih menggunakan suspensi teleskopik dengan hanya memperbesar diameternya menjadi 41 mm. Sedangkan Honda CBR250RR sudah menggunakan suspensi upside down dengan diameter 37 mm.
Kawasaki Ninja 250FI masih menggunakan lengan ayun model kotak seperti Ninja 250 versi sebelumnya. Sedangkan Honda CBR250RR sudah menggunakan arm model banana berbahan alumunium. Secara fungsi mungkin tidak terlalu berbeda, tapi dari sisi tampilan, arm model banana membuat motor terlihat lebih kokoh dan berotot.
Berikut ini spesifikasi lengakap dari Kawasaki Ninja 250FI dan Honda CBR250RR:
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250FI:
![]() |
(Kawasaki Ninja 250FI) |
• Rangka dan kaki-kaki
- Suspensi Depan: 41 mm telescopic fork
- Suspensi Belakang: Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with adjustable preload
- Rem Depan: Single semi-floating 310 mm petal disc
- Rem Belakang: Single 220 mm petal disc
- Ban Depan: 110/70-17 M/C 54H
- Ban Belakang140/70-17 M/C 66H
- Panjang x Lebar x Tinggi: 1,990 x 710 x 1,125 mm
- Jarak Poros Roda: 1,370 mm
- Jarak ke Tanah: 145 mm
- Berat: 164 kg
- Kapasitas tangki BBM: 14 liter
- Suspensi Belakang: Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with adjustable preload
- Rem Depan: Single semi-floating 310 mm petal disc
- Rem Belakang: Single 220 mm petal disc
- Ban Depan: 110/70-17 M/C 54H
- Ban Belakang140/70-17 M/C 66H
- Panjang x Lebar x Tinggi: 1,990 x 710 x 1,125 mm
- Jarak Poros Roda: 1,370 mm
- Jarak ke Tanah: 145 mm
- Berat: 164 kg
- Kapasitas tangki BBM: 14 liter
• Mesin
-Tipe: Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
- Maksimum Power: 28,5 kW (39 PS)/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,5 N.m (2.4 kgf.m)/10,000 rpm
- Diameter x Langkah: 62,0 x 41,2 mm
- Volume Silinder: 249 cc
- Valve System: DOHC, 8 valves
- Sistem Bahan Bakar: Fuel injection: 32 mm x 2
- Sistem Pengapian: Digital
- Perbandingan Kompresi: 11,6 : 1
- Transmisi: 6-speed (manual)
- Maksimum Power: 28,5 kW (39 PS)/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,5 N.m (2.4 kgf.m)/10,000 rpm
- Diameter x Langkah: 62,0 x 41,2 mm
- Volume Silinder: 249 cc
- Valve System: DOHC, 8 valves
- Sistem Bahan Bakar: Fuel injection: 32 mm x 2
- Sistem Pengapian: Digital
- Perbandingan Kompresi: 11,6 : 1
- Transmisi: 6-speed (manual)
Spesifikasi Honda CBR250RR:
![]() |
(Honda CBR250RR) |
• Dimensi
- P x L x T: 2.060 x 724 x 1.098 mm
- Jarak Sumbu roda: 1.389 mm
- Jarak ke Tanah: 145 mm
- Kapasitas Tangki BBM: 14,5 liter
- Jarak Sumbu roda: 1.389 mm
- Jarak ke Tanah: 145 mm
- Kapasitas Tangki BBM: 14,5 liter
• Mesin
- Tipe Mesin: 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
- Volume Silinder: 249,7 cc
- Diameter x Langkah: 62.0 x 41,4 mm
- Perbandingan Kompresi: 11,5 : 1
- Maximum Power: 28,5 kW (38,7PS)/12.500 rpm
- Torsi Maximum: 23,3 Nm (2,4 kgf.m)/11.000 rpm
- Sistem Bahan Bakar: PGM-FI
- Throttle Sytem: Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
- Kopling: Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
- Transmisi: 6 Speed (manual)
- Pola perpindahan Gigi: 1-N-2-3-4-5-6
- Kapasitas Oli Mesin: 1,9 Liter
- Volume Silinder: 249,7 cc
- Diameter x Langkah: 62.0 x 41,4 mm
- Perbandingan Kompresi: 11,5 : 1
- Maximum Power: 28,5 kW (38,7PS)/12.500 rpm
- Torsi Maximum: 23,3 Nm (2,4 kgf.m)/11.000 rpm
- Sistem Bahan Bakar: PGM-FI
- Throttle Sytem: Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
- Kopling: Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
- Transmisi: 6 Speed (manual)
- Pola perpindahan Gigi: 1-N-2-3-4-5-6
- Kapasitas Oli Mesin: 1,9 Liter
• Rangka dan kaki-kaki
• Tipe Rangka: Truss Frame
• Tipe Suspensi Depan: Upside Down
• Tipe Suspensi Belakang: Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
• Rem Depan: Hydraulic Disc Dual Piston (STD Type & ABS Type)
• Rem Belakang: Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
• Ban Depan: 110/70 – 17 54S (Tubeless)
• Ban Belakang: 140/70 – 17 66S (Tubeless)
• Tipe Suspensi Depan: Upside Down
• Tipe Suspensi Belakang: Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
• Rem Depan: Hydraulic Disc Dual Piston (STD Type & ABS Type)
• Rem Belakang: Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
• Ban Depan: 110/70 – 17 54S (Tubeless)
• Ban Belakang: 140/70 – 17 66S (Tubeless)
Kelistrikan:
• Sistem Starter: Electric Starter
• Tipe Pengapian: Full Transisterized
• Tipe Baterai: MF 12V – 7Ah
• Tipe Busi: NGK SILMAR8C-9 (Iridium Spark Plug)
• Tipe Pengapian: Full Transisterized
• Tipe Baterai: MF 12V – 7Ah
• Tipe Busi: NGK SILMAR8C-9 (Iridium Spark Plug)
Baca juga:
Demikian informasi tentang perbandingan performa dan spesifikasi Honda CBR 250RR vs Kawasaki Ninja 250FI. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Terima kasih
Post a Comment for "Perbandingan performa dan spesifikasi Honda CBR 250R vs Kawasaki Ninja 250FI"