Beberapa cara untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan Kawasaki Ninja 250 FI
![]() |
Kawasaki Ninja 250 FI |
Ratukorex.club - Kawasaki Ninja 250 FI
adalah salah satu motor sport andalan pabrikan Kawasaki yang memiliki banyak
penggemar dan laris manis dipasaran sepeda motor Indonesia. Motor ini
sebetulnya sudah memiliki performa yang cukup mumpuni karena dibekali mesin
tipe 4-Langkah berpendingin cairan dengan kapasitas mesin 250 cc. Jumlah
silinder dua sejajar yang dapat menghasilkan daya maksimum 23,5 KW (32 PS)/11.000
RPM dan torsi maksimum 21.0 NM (2.1 KGF-M)/10.000 RPM. Sistem bahan bakar
menggunakan teknologi Fuel Injection (o28 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda.
Dengan spesifikasi mesin
tersebut, Kawasaki Ninja 250 FI mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar
meskipun masih dalam kondisi standar. Tapi meskipun performa standarnya sudah
cukup mumpuni, tapi pada kenyataannya masih banyak pemilik motor ini yang
kurang puas dengan performa standar motor ini.
Untuk mengupgrade performa
Kawasaki Ninja 250 FI, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa
perlu melakukan Bore-Up ataupun melakukan ubahan yang ekstrim pada
komponen-komponen mesinnya.
Berikut ini beberapa
cara untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan Kawasaki Ninja 250 FI tanpa
Bore-Up:
- Melepas Thermostat
Lepas Thermostat bawaan
pabrik Kawasaki Ninja 250 FI agar sirkulasi air radiator dapat langsung
bekerja, sehingga mesin tidak mudah mengalami overheat dan kipas radiator akan
otomatis menyala ketika mesin benar-benar panas.
- Menutup lubang O2
Pada box filter udara Kawasaki
Ninja 250 FI terdapat lubang O2. Untuk mengurangi timbulnya suara knalpot
nembak, lubang O2 tersebut dapat ditutup menggunakan baut model ring.
- Knalpot
Kawasaki Ninja 250 FI
tentunya kurang sangar jika suaranya masih standar, dan rata-rata pemilik motor
ini biasanya akan mengganti knalpot bawaannya dengan knalpot after market agar
suara mesinnya lebih gahar. Tapi selain untuk menghasilkan suara ngebass pada
motor, penggunaan knalpot after market juga dapat meningkatkan performa mesin
walaupun tidak signifikan.
- Paking blok dan head
silinder
Dibagian blok dan head
silinder Kawasaki Ninja 250 FI terdapat 3 buah paking. Untuk menaikkan kompresi
mesin agar tenaganya lebih padat dan terus ngisi, sebaiknya hanya menggunakan
satu paking saja.
- Throttle Position
Sensor
Throttle position Sensor
(TPS) adalah bagian dari mesin injeksi yang fungsinya memantau posisi throttle
apakah terbuka sebagian, terbuka penuh atau tertutup. Untuk meningkatkan
performa Kawasaki Ninja 250 FI, kita dapat memanipulasi sinyal listrik ke ECU
supaya dapat memerintahkan injektor untuk memberikan semburan bahan bakar lebih
deras (kiri) atau irit (kanan), yaitu dengan mengendurkan baut pegangan dibagian
Throttle Position Sensor.
- Ganti Koil
Koil merupakan komponen
kelistrikan dari kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menaikkan atau memperbesar
tegangan arus listrik yang keluar dari CDI. Arus listrik yang besar tersebut kemudian
disalurkan ke bagian busi sehingga busi dapat memercikkan bunga api untuk
melakukan pembakaran diruang bakar. Untuk mengoptimalkan sistem pengapian pada
Kawasaki Ninja 250 FI, kita bisa mengganti koil standarnya dengan produk
aftermarket yang berlabel Ultraspeed atau merk-merk lainnya.
- Setting Sim Klep
Pada settingan sim klep
sebaiknya gunakan 20 pada (in) dan 25 pada (ex). Hal ini bertujuan untuk
mengurangi panas akibat gesekan Noken As serta membuat kinerjan buka tutup klep
lebih cepat.
- Melepas Koin
Butterfly
Pada komponen Throttle
Body (TB) terdapat dua koin butterfly. Agar pasokan udara yang masuk semakin
banyak dan tidak tertahan ke Throttle Body (TB), maka sebaiknya komponen tersebut
dilepas.
- Menambahkan Aditif
Oil
Cairan Additive Oil
(Engine Treatment) yang dicampurkan pada oli mesin dapat membuat kinerja mesin semakin
baik karena komponen-komponen mesin lebih terlindungi. Kita dapat menggunakan
Aditif Oil seperti Lupromax karena termasuk Aditif Oil yang cukup bagus untuk
ditambahan pada oli mesin Kawasaki Ninja 250 FI.
Baca juga:
Cara mengganti air radiator Kawasaki Ninja 250R tanpa ke bengkel
Cara mengatasi Kawasaki Ninja 150R brebet
Perbandingan spesifikasi antara Yamaha R25, Honda CBR250RR, dan Kawasaki Ninja 250R
Cara mengganti air radiator Kawasaki Ninja 250R tanpa ke bengkel
Cara mengatasi Kawasaki Ninja 150R brebet
Perbandingan spesifikasi antara Yamaha R25, Honda CBR250RR, dan Kawasaki Ninja 250R
Demikian informasi
tentang beberapa cara untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan Kawasaki
Ninja 250 FI. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Beberapa cara untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan Kawasaki Ninja 250 FI"