Cara membuat motor matic lebih bertenaga dan kuat ditanjakan
Sekarang ini motor matic sudah
menjadi kedaraan primadona yang banyak digunakan untuk transportasi sehari-hari
karena lebih praktis dan mudah dikendarai. Pengguna sepeda motor kini banyak
yang beralih pada motor matic karena tinggal gas saja motor jalan tanpa harus pindah-pindah
gigi. Tapi ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, dan hal ini juga berlaku
pada motor matic.
Bagi pengendara motor pemula,
atau yang baru belajar naik motor pasti akan merasa lebih nyaman menggunakan
motor matic karena tidak harus menekan tuas kopling dan pindah-pindah gigi
persneling. Tapi banyak juga pengguna motor matic yang mengeluh karena motornya
tidak bertenaga ketika melewati tanjakan yang cukup terjal.
Ada beberapa faktor yang bisa
menyebabkan motor matic tidak kuat melewati tanjakan sehingga kadang-kadang
saat di gas, mesin justru mundur perlahan lalu mati, terutama motor-motor matic
yang sudah tua yang masih menggunakan karburator. Agar motor matic lebih
bertenaga dan kuat melewati tanjakan terjal, ada beberapa komponen yang harus
diperhatikan, antara lain:
- Per CVT
Komponen yang wajib diperhatikan
untuk mengatasi motor matic yang tidak kuat melewati tanjakan adalah bagian per
CVT. Ukuran per CVT bisa bermacam-macamn mulai dari 1000 RPM sampai 2000 RPM. Sebaiknya
gunakan per CVT dengan ukuran 1500 RPM karena jika ukurannya lebih dari 1500
RPM justru dapat menyebabkan tarikan motor menjadi kurang responsive.
- Roller
Untuk membuat motor matic
lebih bertenaga, sebaiknya ganti roller standar dengan roller yang lebih ringan.
Coba turunkan 2 gram dari ukuran standarnya, misalnya saja pada Yamaha Mio yang
memiliki ukuran roller CVT 10,5 gram, diganti dengan roller ukuran 8 gram. Penggunaan
roller yang lebih ringan akan membuat tarikan motor matic menjadi lebih
responsive di putaran bawah.
- V-Belt
Setelah per CVT dan roller
diganti, komponen lain yang perlu diperhatikan agar motor matic kuat di
tanjakan adalah V-Belt. Jika kondisi V-Belt sudah renggang dan retak-retak sebaiknya
segera diganti dengan yang baru. Biasanya, V-Belt yang sudah renggang dan
retak-retak bisa menyebabkan tarikan motor menjadi molor dan bahkan bisa selip.
- Karburator
Selain komponen
penggerak, konponen mesin seperti karburator juga harus diperhatikan agar
suplai bahan bakar keruang bakar bisa berjalan normal sehingga bisa menghasilkan
tenaga yang maksimal. Komponen yang harus diperhatikan pada karburator motor
matic adalah bagian vacum karburator yang memiliki hubungan dengan manifold.
Kran bahan bakar inilah yang harus dipastikan kedap udara untuk menghindari
terjadinya kebocoran bahan bakar.
Jika vacum karburator
dalam kondisi prima, maka kinerja mesin juga akan optimal. Oleh karena itu
lakukan servis karburator secara berkala untuk menjaga kondisi karburator tetap
normal dan dapat bekerja dengan baik.
- Busi
Busi merupakan salah satu
komponen penting pada mesin yang bertugas untuk melakukan pembakaran diruang
bakar untuk menggerakkan piston yang merupakan komponen penggerak utama mesin. Oleh
karena itu kondisi busi juga harus diperhatikan, bersihkan kerak-kerak yang
menempel pada elektroda busi dengan sikat kawat dan bensin, atau jika
kondisinya sudah parah sebaiknya diganti dengan yang baru agar proses
pembakaran menjadi sempurna dan kinerja mesin menjadi maksimal.
- Oli
Fungsi oli pada motor matic
cukup penting untuk melumasi semua bagian mesin. Oleh karena itu, oli mesin
harus rutin diganti, karena jika kondisi oli mesin sudah encer maka daya
lumasnya akan berkurang dan bisa membuat tenaga mesin menjadi loyo, mesin cepat
panas, dan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen didalam
mesin karena tidak mendapatkan pelumasan yang baik.
Baca juga:
Tips untuk membuat motor bebek lebih bertenaga dan kuat nanjak
Cara membuat RX King lebih irit tapi tetap bertenaga
Tips perawatan aki/accu kering agar lebih awet dan tahan lama
Tips untuk membuat motor bebek lebih bertenaga dan kuat nanjak
Cara membuat RX King lebih irit tapi tetap bertenaga
Tips perawatan aki/accu kering agar lebih awet dan tahan lama
Demikian informasi
tentang cara membuat motor matic lebih bertenaga dan kuat ditanjakan. Untuk informasi
lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara membuat motor matic lebih bertenaga dan kuat ditanjakan"