Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan sockbreker tabung dibanding sockbreker biasa

(ilustrasi sockbreker tabung)
Banyak yang mengira jika shockbreker tabung adalah shockbreaker yang menggunakan sistem gas. Padahal gas yang ada pada tabung tersebut hanya berfungsi untuk menjaga tekanan oli sockbreker agar tetap stabil dan mencegah oli agar tidak bergelembung.

Fungsi oli didalam shockbreaker adalah untuk meredam benturan antara as sockbreker dan seal serta mengembalikan shock pada posisi semula ketika adanya tekanan dari luar. Dengan adanya penambahan tabung yang berisi gas tersebut akan membuat shockbreaker menjadi lebih awet karena tekanan gas pada oli akan menjaga kodisi oli sockbreker menjadi lebih awet.

Shockbreker tabung memiliki banyak kelebihan seperti pengatur tekanan gas, pengatur tekanan oli, pengatur rebound, dan pengatur soft-hard. Biasanya, pengatur tekanan gas dan tekanan oli terdapat pada bagian atas tabung karena disitulah tempat sirkulasi oli dan gas ke dalam tabung. Fungsinya adalah untuk mengatur katup gas dan oli yang mngarah ke tabung apakan akan dibuka full, sedikit atau tidak sama sekali. Sedangkan pengatur rebound dan soft-hard, posisinya sama dengan shock non-tabung, bisa dibagian bawah shockbreker atau dibagian atasnya tergantung dari produsennya.

Untuk soal harga antara shockbreker tabung dan non-tabung selisihnya lumayan jauh, lebih mahal shock tabung. Contohnya saja sockbreker merk YSS non tabung harganya sekitar 400 ribuan, sedangkan shock brecker tabung merk YSS harganya sekitar 700-900 ribuan.
(ilustrasi sockbreker non tabung)
Baca juga:

Demikian informasi tenang kelebihan sockbreker tabung dibanding sockbreker biasa. Untuk informasi seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan sockbreker tabung dibanding sockbreker biasa"