Cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih kencang
![]() |
(Yamaha Vixion Old) |
Performa standar Vixion
Old memnang sudah cukup mumpuni kalau hanya dipakai untuk harian. Tapi masih
saja banyak para pemilik motor ini yang kurang puas dengan performa standar dan
top speednya yang di rasa kurang gahar dibanding motor-motor lain di kelasnya.
Untuk membuat motor ini
lebih gahar, solusinya tentu dengan korek mesin untuk meningkatkan performanya.
Tapi karena motor ini sudah menggunakan teknologi pengabutan bahan bakar
injeksi dan juga ECU (Electronic Computer Unit), tentu untuk mengorek mesinnya
tidak semudah mengorek mesin karburator yang bisa dilakukan dengan peralatan
bengkel manual. Masalahnya tidak semua bengkel memiliki alatnya dan tidak semua
mekanik sudah menguasai ilmunya.
Sebetulnya korek mesin motor
injeksi termasuk Yamaha Vixion tidak berbeda jauh dengan mesin motor yang masih
menggunakan sistem bahan bakar karburator, yang berbeda hanya pada settingan sistem
pengabutan bahan bakar, throttle body dan sensornya saja.
Hal yang paling mendasar
untuk meningkatkan performa mesin motor sebetulnya sama saja, baik pada motor
injeksi maupun karbu, yaitu dengan meningkatkan rasio kompresi mesin, memperbesar
saluran masuk (intake) dan juga saluran buang serta sektor kopling juga harus
disempurnakan agar penyaluran tenaga ke roda semakin sempurna.
Berikut ini langkah-langkahnya:
- Pangkas kepala silinder
![]() |
(ilustrasi head Silinder Yamaha Vixion) |
Langkah pertama yang
harus dilakukan adalah memperbesar tingkat kompresi mesin, yaitu dengan cara
membubut kepala silinder sampai 0,9 milimeter untuk meningkatkan rasio kompresi
Vixion Old dari 10,7 : 1 menjadi 11,8 : 1.
Hal itu dimaksudkan agar volume
ruang bakar semakin kecil sehingga proses pembakaran menjadi semakin sempurna. Karena
semakin tinggi kompresinya, maka pembakaran juga akan semakin sempurna, dan
jika pembakaran sempurna maka tenaga yang dihasilkan juga semakin besar.
Tapi proses pembubutan
harus dilakukan secara cermat dan hati-hati, karena keakuratan ukuran kepala
silinder sangat berpengaruh terhadap tekanan kepala silinder ke ruang bakar.
Jika tekanannya lemah, maka proses pembakaran juga tidak akan berlangsung dengan
sempurna, dan akibatnya tenaga motor menjadi loyo.
- Memperbesar saluran masuk dan buang
![]() |
(ilustrasi porting intake) |
Porting merupakan bagian
penting sebagai cara untuk memperlancar saluran masuk bahan bakar ke ruang
bakar dan juga saluran gas buang hasil pembakaran. Penyempurnaan Porting ini
bertujuan agar proses penyemburan bahan bakar dari injektor ke ruang bakar menjadi
semakin lancar. Sebab, proses pembakaran yang sempurna bisa terjadi jika
semburan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah yang besar
dan stabil.
![]() |
(ilustrasi saluran masuk setelah di lakukan porting) |
Porting polish dilakukan
tidak berarti merubah bentuk aslinya, tetapi hanya menghilangkan lapisan kasar pada
permukaannya saja atau yang biasa disebut kulit jeruk. Satu hal yang harus
diperhatikan dalam melakukan porting polish/pengurangan lapisan yaitu jangan
sampai melebihi 0,5 mm.
- Penyempurnaan kopling
![]() |
(ilustrasi bagian kopling Yamaha Vixion) |
Perpindahan gigi yang
berlangsung secara cepat, halus dan tanpa hentakan tidak saja menjadikan
pergantian tingkat kecepatan berlangsung dengan cepat, tetapi juga menjadikan
handling lebih mantap dan gesit. Penyaluran tenaga mesin pada roda juga menjadi
konstan.
![]() |
(ilustrasi komponen kopling Yamaha Vixion) |
Penyempurnaan pada sektor
kopling meliputi penggantian kampas kopling dan per kopling. Sebaiknya per
kopling diganti dengan yang lebih keras dan kuat atau bisa menggunakan per kopling
racing. Sedangkan komposisi kampas kopling yang terdiri dari lima buah, yaitu
empat buah berukuran besar dan satu buah berukuran kecil tersebut di rubah
menjadi satu kampas yang berukuran kecil diganti dengan kampas berukuran lebar.
Setelah dilakukan modifikasi
mesin dan kopling seperti di atas, maka Yamaha Vixion Old yang sebelumnya hanya
memiliki power 13 daya kudaakan naik menjadi 14,3 daya kuda.
Baca juga:
Ciri-ciri dan gejala injektor motor mengalami kerusakan
Kelebihan dan kekurangan motor injeksi dibanding motor karburator
Perbandingan performa dan kualitas New Vixion dengan Old Vixion
Ciri-ciri dan gejala injektor motor mengalami kerusakan
Kelebihan dan kekurangan motor injeksi dibanding motor karburator
Perbandingan performa dan kualitas New Vixion dengan Old Vixion
Demikian informasi
tentang cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih
kencang. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih
Post a Comment for "Cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih kencang"