Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih kencang

(Yamaha Vixion Old)
Yamaha Vixion Old adalah motor sport produksi Yamaha yang penjualannya bisa dikatakan paling laris di Indonesia. Meskipun meskipun motor ini sudah tidak di produksi lagi, tetapi Yamaha Vixion Old masih cukup banyak peminatnya. Alasan kenapa motor ini masih diminati padahal sudah ada versi terbarunya adalah karena secara kualitas Vixion Old di anggap lebih baik dari New Vixion, terutama pada sektor mesinnya yang lebih bandel dari New Vixion.

Performa standar Vixion Old memnang sudah cukup mumpuni kalau hanya dipakai untuk harian. Tapi masih saja banyak para pemilik motor ini yang kurang puas dengan performa standar dan top speednya yang di rasa kurang gahar dibanding motor-motor lain di kelasnya.

Untuk membuat motor ini lebih gahar, solusinya tentu dengan korek mesin untuk meningkatkan performanya. Tapi karena motor ini sudah menggunakan teknologi pengabutan bahan bakar injeksi dan juga ECU (Electronic Computer Unit), tentu untuk mengorek mesinnya tidak semudah mengorek mesin karburator yang bisa dilakukan dengan peralatan bengkel manual. Masalahnya tidak semua bengkel memiliki alatnya dan tidak semua mekanik sudah menguasai ilmunya.

Sebetulnya korek mesin motor injeksi termasuk Yamaha Vixion tidak berbeda jauh dengan mesin motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, yang berbeda hanya pada settingan sistem pengabutan bahan bakar, throttle body dan sensornya saja.

Hal yang paling mendasar untuk meningkatkan performa mesin motor sebetulnya sama saja, baik pada motor injeksi maupun karbu, yaitu dengan meningkatkan rasio kompresi mesin, memperbesar saluran masuk (intake) dan juga saluran buang serta sektor kopling juga harus disempurnakan agar penyaluran tenaga ke roda semakin sempurna.

Berikut ini langkah-langkahnya:

- Pangkas kepala silinder
(ilustrasi head Silinder Yamaha Vixion)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbesar tingkat kompresi mesin, yaitu dengan cara membubut kepala silinder sampai 0,9 milimeter untuk meningkatkan rasio kompresi Vixion Old dari 10,7 : 1 menjadi 11,8 : 1.

Hal itu dimaksudkan agar volume ruang bakar semakin kecil sehingga proses pembakaran menjadi semakin sempurna. Karena semakin tinggi kompresinya, maka pembakaran juga akan semakin sempurna, dan jika pembakaran sempurna maka tenaga yang dihasilkan juga semakin besar.

Tapi proses pembubutan harus dilakukan secara cermat dan hati-hati, karena keakuratan ukuran kepala silinder sangat berpengaruh terhadap tekanan kepala silinder ke ruang bakar. Jika tekanannya lemah, maka proses pembakaran juga tidak akan berlangsung dengan sempurna, dan akibatnya tenaga motor menjadi loyo.

- Memperbesar saluran masuk dan buang
(ilustrasi porting intake)

Porting merupakan bagian penting sebagai cara untuk memperlancar saluran masuk bahan bakar ke ruang bakar dan juga saluran gas buang hasil pembakaran. Penyempurnaan Porting ini bertujuan agar proses penyemburan bahan bakar dari injektor ke ruang bakar menjadi semakin lancar. Sebab, proses pembakaran yang sempurna bisa terjadi jika semburan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah yang besar dan stabil.
(ilustrasi saluran masuk setelah di lakukan porting)

Porting polish dilakukan tidak berarti merubah bentuk aslinya, tetapi hanya menghilangkan lapisan kasar pada permukaannya saja atau yang biasa disebut kulit jeruk. Satu hal yang harus diperhatikan dalam melakukan porting polish/pengurangan lapisan yaitu jangan sampai melebihi 0,5 mm.

- Penyempurnaan kopling
(ilustrasi bagian kopling Yamaha Vixion)

Perpindahan gigi yang berlangsung secara cepat, halus dan tanpa hentakan tidak saja menjadikan pergantian tingkat kecepatan berlangsung dengan cepat, tetapi juga menjadikan handling lebih mantap dan gesit. Penyaluran tenaga mesin pada roda juga menjadi konstan.
(ilustrasi komponen kopling Yamaha Vixion)

Penyempurnaan pada sektor kopling meliputi penggantian kampas kopling dan per kopling. Sebaiknya per kopling diganti dengan yang lebih keras dan kuat atau bisa menggunakan per kopling racing. Sedangkan komposisi kampas kopling yang terdiri dari lima buah, yaitu empat buah berukuran besar dan satu buah berukuran kecil tersebut di rubah menjadi satu kampas yang berukuran kecil diganti dengan kampas berukuran lebar.

Setelah dilakukan modifikasi mesin dan kopling seperti di atas, maka Yamaha Vixion Old yang sebelumnya hanya memiliki power 13 daya kudaakan naik menjadi 14,3 daya kuda.


Demikian informasi tentang cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih kencang. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah untuk menambah kecepatan Yamaha Vixion Old agar lebih kencang"