Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan tenaga Kawasaki KLX 150 agar tangguh di medan Off Road


Kawasaki KLX 150

Ratukorex.club - Kawasaki KLX 150 merupakan motor trail terlaris di Indonesia karena motor ini memiliki tampilan yang gagah sehingga banyak yang tertarik untuk memilikinya. Tapi sayangnya performa mesin KLX 150 tidak segahar tampilannya dan banyak pengguna motor ini yang merasa kurang puas dengan performa mesinnya, terutama saat melintasi trek adventure yang extrim.

Meskipun termasuk jenis motor adventure, tapi Kawasaki KLX 150 tidak dibekali mesin yang sesuai dengan peruntukannya, bahkan bisa dikatakan jika performa mesin KLX 150 masih dibawah motor-motor naked bike kelas 150 cc.


Jika melihat spesifikasinya, Kawasaki KLX 150 memang kurang sesuai dengan peruntukannya sebagai motor adventure. Kawasaki KLX 150 menggunaka mesin SOHC 2-valves dengan kapasitas silinder 144 cc dan standar EURO 3. Sistem pengabutan bahan bakar menggunakan karburator keihin CV24 dan sistem pengapian digital DC-CDI serta berpendingin udara. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 8,6 kW atau setara dengan 11.7 PS pada putaran 8000 rpm. Dengan  torsi maksimum sebesar 12 Nm di putaran 6.500 rpm.

Berikut ini spesifikasi lengkap Kawasaki KLX 150:

Rangka dan kaki-kaki:
- Suspensi depan: Teleskopik fork
- Suspensi belakang: Uni track swing arm
- Ukuran ban depan: 2.75-21 45p
- Ukuran ban belakang: 4.10-18 59p
- P x L x T: 2080 x 770 x 1145
-Jarak sumbu roda: 1340 mm
-Berat: 115 kg

Mesin:
- Tipe mesin: 4-langkah, SOHC, single cylinder
- Power maksimum: 8,6 kW/8000 rpm
- Torsi maksimum: 12 Nm/6500 rpm
- Karburator: Keihin CV24
- Diameter x Langkah: 58,0 x 54,4 mm
- Volume silinder:  144 cc
- Sistem pengapian: DC-CDI
- Sistem pendingin mesin: udara
- Perbandingan kompresi: 9,5 : 1
- Transmisi: Manual 5 speed

Dalam kondisi standar Kawasaki KLX 150 memang sudah bisa dipakai untuk off road ringan, tapi untuk medan off road yang berat dan banyak tanjakan tenaga motor ini akan kedodoran dan tentunya akan sangat merepotkan pengendaranya.

Untuk meningkatkan power Kawasaki KLX 150 diperlukan beberapa ubahan dan penyesuaian pada sektor mesin, pengapian, dan kaki-kaki agar motor ini lebih tangguh saat melintasi medan yang berat dan extrim.

Berikut ini beberapa ubahan dan penyesuaian untuk meningkatkan performa Kawasaki KLX 150:

- Ganti knalpot

Tarikan dan tenaga Kawasaki KLX 150 yang masih standar memang kurang responsif. Salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan  tenaga dan torsi Kawasaki KLX 150 yaitu dengan mengganti knalpot standar bawaan pabrik dengan knalpot model free flow.

Banyak pilihan merk knalpot free flow untuk Kawasaki KLX 150 dipasaran. Pilihan knalpot free flow yang bisa dipilih sesuai selera dan budget, di antaranya ada knalpot merk R9, Norifumi, Nob1, FMF, dan lainnya dengan harga yang bervariasi dari mulai ratusan ribu sampai jutaan.

- Ganti karburator

Penggantian knalpot model free flow juga harus di imbangi dengan penggantian karburator dengan venturi yang lebih besar. Karburator standar Kawasaki KLX 150 memiliki venturi 24 mm, kuran ini terlalu kecil untuk memasok bahan bakar yang dibutuhkan mesin sehingga tenaga yang dihasilkan kurang maksimal. Apalagi karburator standar Kawasaki KLX 150 ini menggunakan tipe vakum, sehingga respon dari tarikan gas tidak bisa spontan.

Oleh karena itu sebaiknya ganti karburator standar Kawasaki KLX 150 dengan karburator yang memiliki venturi lebih besar seperti karburator PE 28 yang memiliki ukuran venturi 28 mm. Penggantian karburator standar dengan karburator PE 28 bisa meningkatkan tenaga motor cukup signifikan.

- Ganti kampas kopling dan per kopling

Agar akselerasi dan transfer daya lebih maksimal sebaiknya kampas kopling standar diganti dengan kampas kopling kevlar yang dikenal jauh lebih kuat dan lebih menggigit jika dibandingkan dengan kampas kopling biasa.

Ada banyak pilihan produk kampas kopling kevlar dipasaran yang bisa dipilih untuk Kawasaki KLX 150 dengan harga bervariasi. Selain kampas kopling yang diganti, per kopling standar juga perlu diganti dengan per kopling after market yang tekanannya lebih keras untuk mengimbangi kinerja kampas kopling dan juga agar kampas kopling tidak cepat aus. Atau bisa juga menggunakan kampas kopling milik Kawasaki Ninja 150R karena ukurannya sama. Alternatif lain untuk mengirit biaya bisa juga mengganjal per kopling standar dengan ring setebal 2 mm yang diameternya sama dengan per kopling.

- Ganti gear depan dan belakang

Agar tenaga Kawasaki KLX 150 lebih enteng ditanjakan sebaiknya rubah rasio gearnya dengan mengganti gear belakang dengan ukuran yang lebih besar dan gear depan dengan ukuran yang lebih kecil dari standarnya.


- Bore up mesin

Bore up adalah cara yang paling ampuh untuk mendongkrak tenaga mesin secara signifikan, karena jika kapasitas mesinnya bertambah besar, maka tenaga yang dihasilkan juga menjadi lebih besar. Di pasaran sudah banyak tersedia produk after market paket bore up untuk Kawasaki KLX 150 yang terdiri dari blok mesin lengkap dengan piston berdiameter 63,5 mm, pin, ring dan paking setnya. Untuk memasangnya juga cukup mudah, tinggal dibubut head-nya untuk meyesuaikan squis point nya. Ada beragam merk produk  after market paket bore up untuk Kawasaki KLX 150, antara lain: Kawahara, CLD, dan TDR.

- Ganti CDI

Ubahan pada mesin harus dimaksimalkan dengan penggunaan CDI racing untuk menyesuaikan pengapian, bisa menggunakan CDI BRT, Kawahara atau merk lainnya.

- Kaki-kaki

Kawasaki KLX 150 menggunakan ban standar dual purpose yang didesain untuk melintasi medan off road dan on road. Jika digunakan di medan off road berat dan banyak tanjakan pasti tidak akan mampu karena daya cengkeramnya kurang maksimal. Jika motor digunakan untuk off road, maka harus diganti dengan ban off road atau ban tahu. Di pasaran tersedia banyak merk ban off road dengan harga dan kualitas yang berbeda, antara lain: IRC Motocross dan Swallow Terra Cross, Maxxis, Pirelli, Dunlop, dan lainnya.

Rim standar Kawasaki KLX 150 berukuran 19 inchi dibagian depan dan 16 inchi dibagian belakang, ukuran ini dirasa kurang cocok untuk melintas medan yang banyak kubangan. Solusinya harus diganti dengan perpaduan 21 inchi untuk depan dan 18 inchi untuk belakang agar stabilitas meningkat.

Agar lebih sempurna, penggantian ban perlu di ikuti juga dengan ubahan pada kedua suspensinya, karena arm belakang standar Kawasaki KLX 150 dimensinya kurang panjang. Sedangkan untuk shockbreaker depan diganti model upside down atau bisa juga menggunakan peninggi shockbreaker jika budgetnya terbatas.

- Ganti stang

Stang bawaan Kawasaki KLX 150 dirasa kurang lebar sehingga handling kurang enak saat dikendarai di medan off road. Solusinya yaitu dengan mengganti stang standar bawaan pabrik dengan stang motocross dan ganti juga handle rem dan koplingnya agar lebih nyaman dan tampilan motor menjadi lebih gagah.

Baca juga:




Demikian informasi tentang cara meningkatkan tenaga Kawasaki KLX 150 agar tangguh di medan Off Road. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara meningkatkan tenaga Kawasaki KLX 150 agar tangguh di medan Off Road"