Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat Satria FU karbu lebih irit BBM

(Suzuki Satria FU Karbu)

Suzuki Satria FU banyak digemari oleh kaum pria, terutama anak-anak muda. Alasannya tentu karena motor ini memiliki performa mesin yang cukup gahar untuk motor kelas 150 cc. Selain itu, tampilan Satria FU yang sporty juga sangat menarik perhatian kaum muda.

Tapi sebanding dengan performa mesinnya yang gahar, konsumsi bahan bakar Satria FU juga termasuk boros untuk ukuran motor 4 tak. Apalagi dengan kapasitas tangki bahan bakarnya yang hanya dapat menampung bensin sebanyak 4,9 liter saja, tentunya pemilik motor ini harus sering mengisi BBM ketika memempuh perjalanan jauh atau luar kota.

Untuk membuat Satria FU lebih irit, ada bebrapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengurangi performa mesinnya secara signifikan.

Berikut ini beberapa cara untuk membuat Suzuki Satria FU lebih irit:

- Setting ulang karburator
(Ilustrasi Karburator Vakum Satria FU)

Suzuki Satria FU menggunakan tipe karburator vakum yang sedikit berbeda dengan karburator motor biasa. Karburator vakum menggunakan kevakuman mesin untuk mengangkat skep dan tidak memiliki sekrup pengaturan udara (air screw) seperti pada karbu konvesional.

Karburator Suzuki Satria FU sudah disetting dari pabrik agar bisa langsam dengan pas. Dari produsen telah menentukan acuan setting (idle mixture) standar sebesar 2,5 putaran (dengan toleransi 2 - 3 putaran).

Cara setting karburator Suzuki Satria FU agar lebih irit bisa dilakukan dengan memutar sekrup menutup ke kanan, artinya setelan kering, dan jika diputar membuka ke kiri maka akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Berikut ini cara setting karburator Suzuki Satria FU agar lebih irit:

• Hidupkan mesin motor lalau putar menutup air screw sampai mesin jadi mbrebet.

• Atur bukaan gas agar mesin tidak mati dengan putaran mesin kurang lebih 4000 - 5000 rpm.

• Ketika posisi air screw sudah menutup, kemudian buka lagi air screw dengan memutarnya pelan-pelan sehingga putaran mesin akan naik meskipun tidak digas.

• Putaran mesin akan semakin tinggi dan teruskan memutar air screw sampai didapatkan RPM yang paling tinggi tanpa digas.

Settingan kering ini bisa mengurangi konsumsi BBM Suzuki Satria FU dan cocok di aplikasikan ketika suhu udara dingin atau untuk mendapatkan akselerasi di track pendek, tapi efeknya mesin akan ngos-ngosan pada putaran atas dan akan cepat panas terutama jika dipakai untuk perjalanan jauh.


Untuk menyetel karburator vakum memang memerlukan ketajaman perasaan, karena naik turunnya jarum skep tidak di atur melalui handle gas, tapi dari kevakuman udara didalam mesin sehingga jika skep karburator sudah lecet maka pergerakan skepnya menjadi tidak mulus. Misalnya saja ketika sekrup air screw diputar membuka, maka putaran mesin akan lambat naiknya atau malah sama sekali tidak merespon.

- Pakai oli mesin yang bagus

Daya lumas oli yang baik akan membuat mesin bekerja lebih optimal dan dapat menjaga kompresi di ruang bakar menjadi lebih sempurna sehingga mesin motor akan menjadi lebih bertenaga tapi bahan bakar tetap irit.

Ganti oli mesin secara rutin dan tidak melebihi jangka waktu yang di anjurkan dari pabrik, yaitu setiap 2.000 - 2.500 Km.

Penggantian oli mesin secara teratur dengan menggunakan oli yang direkomendasikan akan menjaga komponen-komponen mesin tetap baik sehingga penggunaan BBM juga akan tetap efisien.

- Stelan kopling

Stelan kopling jangan terlalu sensitif sehingga pada saat tuas kopling ditekan, maka gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini akan membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Efeknya mesin meraung tapi lari motor seperti tertahan. Hal ini akan membuat konsumsi BBM menjadi boros. Pastikan juga kondisi kampas kopling masih bagus.

- Gunakan BBM sesuai anjuran pabrik

Jika bahan bakar yang di anjurkan adalah jenis premium, sebaiknya tidak perlu menggantinya dengan pertamax atau pertamax plus jika hanya dipakai untuk harian karwna pihak pabrikan sudah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM yang cocok digunakan.

Tapi menang untuk motor-motor yang standarnya menggunakan BBM jenis premium akan lebih kencang jika menggunakan pertamax karena oktannya lebih tinggi sehingga pembakaran akan lebih sempurna.

Tapi hal itu akan membuat mesin mengkonsumsi BBM lebih banyak dan yang pasti harganya juga lebih mahal).

Demikian pula sebaliknya, untuk motor-motor yang direkomendasikan harus menggunakan pertamax, maka jangan menggunakan BBM yamg oktannya lebih rendah seperti premium karena selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat mesin boros konsumsi BBM-nya.

- Cara berkendara

Agar konsumsi BBM Satria FU lebih efisien sebaiknya jalankan motor dengan kalem, putar gas perlahan-lahan saat berakselerasi dan selalu posisikan gigi perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas.

- Service teratur

Lakukan service secara teratur sesuai anjuran pabrik, karena dengan service mesin secara teratur maka kondisi motor akan selalu terkontrol dan cara kinerja mesin akan tetap maksimal.

Baca juga:

Cara mudah memperbaiki aki kering pada motor atau mobil yang soak

Kelebihan dan kekurangan busi iridium dibanding busi standar

Cara meningkatkan top speed Satria FU karbu

Demikian informasi tentang cara membuat Satria FU karbu lebih irit BBM. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara membuat Satria FU karbu lebih irit BBM"