Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 terbaru

Ratu Korex
Kawasaki Ninja 250 baru

Ratukorex.club - Sekilas Kawasaki Ninja model terbaru ini hampir mirip dengan versi sebelumnya. Tapi sebetulnya New Ninja 250 telah mengalami beberapa perubahan pada komponen-komponennya dan ada penambahan beberapa fitur baru yang lebih canggih.

Kawasaki Ninja 250 terbaru menggunakan rangka berjenis twin spar, hasil adaptasi Ninja H2. Jarak sumbu roda dibuat lebih pendek, yaitu menjadi 1.370 mm untuk pengendalian lebih mudah dan lincah. Suspensi depan masih menggunakan teleskopik tapi diameternya diperbesar menjadi 41 mm. Suspensi belakang monoschock dengan karakter baru yang lebih kaku. Kombinasi peredam kejut yang baru tersebut diklaim membuat motor menjadi lebih stabil saat motor melaju kencang.

New Ninja 250 menggunakan ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang berukuran 140/70-17. Velg menggunakan model baru dengan desain yang lebih ramping. Kapasitas tangki bahan bakar dikurangi dari yang tadinya 17 liter, kini hanya 14 liter. Semua penyegaran tersebut mampu membuat bobot Ninja 250 lebih ringan. Klaim pabrikan Kawasaki, bobot New Ninja adalah 164 kg untuk varian standar dan 167 kg untuk varian dengan anti-lock braking system [ABS].

Panel instrumen Ninja 250 tidak full digital, tapi menggunakan panel kombinasi analog dan digital yang persis dengan milik Ninja 650. Berbagai informasi tentang motor bisa dibaca pada panel intrumen tersebut seperti: posisi gigi transmisi, odometer, trip meter, jarak tempuh dengan konsumsi bahan bakar tersisa, rata-rata konsumsi bahan bakar, temperatur pendingin, ECO indicator dan jam.

Fitur canggih lainnya yang disematkan pada Kawasaki Ninja terbaru ini adalah smart key atau kunci pintar. Kunci pintar tersebut dilengkapi teknologi Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Maka untuk menghidupkan mesin, tidak perlu lagi menggunakan anak kunci lagi. Sebelumnya smart key tersebut sudah digunakan di Kawasaki 1400GTR.

Cara kerja kunci pintar ini yaitu ketika mendekati motor kurang dari dua meter, FOB smart key akan mengirimkan sinyal kepada KIPASS ECU (engine control unit). Dari KIPASS ECU sinyal lalu dikirim lagi ke ignition switch, sehingga saklar dapat diputar ke mode on, dan motor dapat menyala.

Ninja 250 terbaru hadir dalam empat varian yaitu Ninja 250 Std (Standard), Ninja 250 SE MDP (Magnetic Design Painting), Ninja 250 ABS SE, dan Ninja 250 ABS SE MDP yang jadi varian tertinggi dengan warna yang unik, yaitu candy brown orange MDP, yaitu teknik baru pengecatan bodi motor agar menghasilkan efek timbul atau tiga dimensi. Khusus untuk varian warna spesial ini, harga jualnya paling mahal.

Ratu Korex
Kawasaki Ninja 250 ABS SE MDP

Pada sektor pengereman, New Ninja 250 sudah dibekali rem cakram depan lebih besar dari versi sebelumnya. Ukurannya 310 mm dengan kaliper dual piston sama seperti milik ZX-14R. Sedangkan pada cakram belakang ukurannya 220 mm kaliper dual piston. Tersedia pula varian New Ninja dengan tambahan ABS [antilock braking system] yang dibanderol lebih mahal. Komponen ABS yang dipakai juga model baru dari Nissin yang lebih ringkas dan ringan jika dibandingkan model sebelumnya. Fitur baru lainnya yang dimiliki New Ninja 250 adalah teknologi LED hemat daya pada lampu depan dan belakang.

New Ninja 250 juga sudah dilengkapi terminal DC 0utput untuk mengisi daya baterai smartphone atau sumber listrik bagi peranti navigasi. Bentuknya persis seperti miliki Versys-X250 yang terletak dibagian dashboard. Tapi sayangnya tidak dilengkapi tempat khusus untuk meletakkan smartphone pada saat di charge.

New Ninja 250 dibekali mesin baru, meskipun konfigurasinya masih sama dengan versi sebelumnya yaitu dua silinder dengan kapasitas 249 cc, tapi pada mesin baru ini ada banyak yang berbeda. Mesin baru ini memiliki bentuk lebih ramping. Ukuran filter udara diperbesar dari 4,7 liter menjadi 5,8 liter dan posisinya dipindah ke bagian atas mesin untuk lebih mempermudah masuknya aliran udara ke ruang bakar. Cover radiator juga dirancang berbeda dari versi sebelumnya agar dapat melepas suhu panas mesin lebih cepat.

Di atas kertas, mesin baru New Ninja 250 ini bisa menghasilkan torsi puncak 23,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 39 PS pada 12.500 rpm. Motor ini menggunakan transmisi manual 6-percepatan yang sudah dibekali fitur assist & slipper clutch yang berfungsi mencegah hentakan roda belakang saat menurunkan gigi secara tiba-tiba dan membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus.

Konsumsi bahan bakar Kawasaki New Ninja 250 adalah 25 kpl. Hanya saja pihak pabrikan Kawasaki tidak mengumumkan dengan metode apa catatan itu bisa dicapai.

Demikian sedikit informasi tentang spesifikasi Kawasaki Ninja 250 terbaru yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 terbaru"