Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan spesifikasi antara All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR

Ratu Korex
Kawasaki Ninja 250FI

Ratukorex.club - Segmen motor sport 250 cc kini semakin diminati masyarakat Indonesia, hal itu terbukti dengan suksesnya penjualan Kawasaki Ninja 250 selama beberapa tahun belakangan ini. Dengan semakin meningkatnya peminat motor sport 250cc ini, membuat beberapa pabrikan berlomba-lomba menghadirkan produk terbaiknya, misalnya saja pabrikan Honda dan Kawasaki dengan produk andalannya, yaitu Kawasaki Ninja 250 dan CBR250RR.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas perbandingan varian tertinggi dari Kawasaki Ninja 250 SE ABS MDP dan Honda CBR250RR ABS. Berikut ini ulasannya:

1. Tampilan

Varian ini ditentukan dari opsi warna pada tampilannya. Ninja 250 SE ABS MDP dengan kelir “Passion Red Metallic Magnetic Dark Grey” ditawarkan dengan harga Rp 75,5 juta. Sedangkan CBR250RR ABS dengan warna “Honda Racing Red” dipatok dengan harga Rp 71,325 juta (OTR Jakarta).

Tampilan kedua motor ini memang sangat menarik, tapi Ninja 250 varian tertinggi, memiliki keunikan berupa MDP (Magnetic Design Painting), yaitu teknik pengecatan khusus dengan menggunakan cat yang mengandung magnet. Teknologi MDP  ini dibubuhkan pada tulisan Ninja pada fairingnya, sehingga memberikan efek tiga dimensi.

Ratu Korex
MDP [Magnetic Design Painting]

Masih dari tampilannya, kedua motor tersebut mengaplikasikan lampu berbasis dioda pada headlamp dan tail light. Selain membuat desainnya menjadi lebih atraktif, pemakaian LED dapat meningkatkan kemampuan penerangan di malam hari.

2. Fitur canggih

Teknologi canggih juga diterapkan pada panel instrumen, baik CBR250RR maupun New Ninja 250, sudah menggunakan layar LCD pada panel instrumanntya yang menampilkan informasi lengkap seputar motor dilayarnya.

Bicara kemudahan, khususnya akses untuk menyalakan mesin, Ninja 250 SE ABS MDP lebih unggul karena telah menggunakan fitur KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System). Pada dasarnya, fitur ini merupakan sistem smart key, yang memungkinkan aktivitasi kunci utama dan stang melalui remote. Teknologi canggih ini di adaptasi dari model sport tourer Kawasaki 1400GTR atau Concours 14.

Untuk fitur penunjang performa berkendara, Honda CBR250RR dilengkapi 3-step Riding Mode yang membuat pengendalian optimal di berbagai kondisi dan sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga pilihan gaya berkendara yang bisa dipilih, yaitu “Comfort” untuk memberikan kenyamanan, “Sport” untuk mendorong mesin menghasilkan power maksimum mengikuti putaran gas dan “Sport+” yang menjadikan out put tenaga lebih cepat dan responsif.

Kawaswaki Ninja 250 tidak memiliki fitur tersebut, tapi Ninja punya slipper clutch dan assist clutch yang membantu perpindahan gigi terasa lebih halus dan cepat, karena engine brake yang diminimalisir. Selain itu, tuas kopling juga menjadi lebih ringan di operasikan. Dengan penerapan fitur tersebut maka resiko ban belakang selip akibat hentakan saat perpindahan gigi menjadi sangat minim.

3. Kaki-kaki

Honda CBR250RR menggunakan suspensi depan teleskopik upside down yang membuat kemampuan manuvernya lebih mantap dibandingkan Ninja 250 yang masih menggunakan suspensi teleskopik standar.

4. Pengereman

Pada sektor pengereman, keduanya juga sudah cukup mumpuni karena sudah sama-sama menggunakan ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat penghentian laju motor menjadi semakin aman dan terhindar dari ban mengunci.

5. Knalpot

Honda CBR250RR menggunakan knalpot model dual pipe, sedangkan Kawasaki Ninja 250 menggunakan single pipe di ujungnya. Penggunaan knalpot model dual pipe pada Honda CBR250RR diklaim mampu memberikan torsi optimal di berbagai rentang putaran mesin.

Ratu Korex
Honda CBR250RR menggunakan knalpot dual pipe
Ratu Korex
Kawasaki Ninja 250 menggunakan knalpot single pipe

6. Mesin

Kompresi mesin dari Ninja versi terbaru telah ditingkatkan menjadi 11,6 : 1 dari versi sebelumnya 11,3 : 1. Torsi pun meningkat dari 2,0 N.m menjadi 2,5 N.m pada putaran mesin yang sama yaitu 10.000 rpm. Power maksimal New Ninja 250 dicapai ketika putaran mesin mencapai 12.500 RPM dan mungkin dapat disimpulkan jika mesin New Ninja 250 memiliki nafas yang lebih panjang dan limit RPM yang lebih tinggi.

Berikut ini performa dan spesifikasi mesin dari All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR:

Spesifikasi mesin New Ninja 250:

- Tipe mesin: Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
- Maksimum Power: 28.5 kW {39 PS}/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,5 N.m {2,4 kgf.m}/10.000 rpm
- Diameter x Langkah: 62,0 x 41,2 mm
- Volume Silinder: 249 cc, Valve System DOHC, 8 valves
- Sistem Bahan Bakar: Fuel injection: 32 mm x 2
- Sistem Pengapian: Digital
- Perbandingan Kompresi: 11,6 : 1

Spesifikasi mesin Honda CBR 250RR:

- Tipe Mesin: DOHC, 4 Tak, 8 Klep, 2 Silinder Segaris
- Kapasitas silinder: 249,7 cc
- Diameter x  langkah: 62,0 mm x 41,4 mm
- Perbandingan Kompresi: 11,5 : 1
- Power Maksimum: 38,2 HP (27,1 Kw atau 38,7 PS)/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,3 Nm/10.500 RPM
- Throttle Body: 32 mm x 2

Demikian sedikit informasi tentang perbandingan spesifikasi antaraAll New Kawasaki Ninja 250FI dan Honda CBR 250RR. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ratu Korex
Honda CBR 250RR


Post a Comment for "Perbandingan spesifikasi antara All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR"