Perbandingan spesifikasi antara All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR
![]() |
Kawasaki Ninja 250FI |
Ratukorex.club - Segmen motor sport 250 cc
kini semakin diminati masyarakat Indonesia, hal itu terbukti dengan suksesnya
penjualan Kawasaki Ninja 250 selama beberapa tahun belakangan ini. Dengan semakin
meningkatnya peminat motor sport 250cc ini, membuat beberapa pabrikan
berlomba-lomba menghadirkan produk terbaiknya, misalnya saja pabrikan Honda dan
Kawasaki dengan produk andalannya, yaitu Kawasaki Ninja 250 dan CBR250RR.
Pada artikel kali ini,
kita akan membahas perbandingan varian tertinggi dari Kawasaki Ninja 250 SE ABS
MDP dan Honda CBR250RR ABS. Berikut ini ulasannya:
1. Tampilan
Varian ini ditentukan
dari opsi warna pada tampilannya. Ninja 250 SE ABS MDP dengan kelir “Passion
Red Metallic Magnetic Dark Grey” ditawarkan dengan harga Rp 75,5 juta.
Sedangkan CBR250RR ABS dengan warna “Honda Racing Red” dipatok dengan harga Rp
71,325 juta (OTR Jakarta).
Tampilan kedua motor ini
memang sangat menarik, tapi Ninja 250 varian tertinggi, memiliki keunikan
berupa MDP (Magnetic Design Painting), yaitu teknik pengecatan khusus dengan
menggunakan cat yang mengandung magnet. Teknologi MDP ini dibubuhkan pada tulisan Ninja pada fairingnya,
sehingga memberikan efek tiga dimensi.
![]() |
MDP [Magnetic Design Painting] |
Masih dari tampilannya,
kedua motor tersebut mengaplikasikan lampu berbasis dioda pada headlamp dan
tail light. Selain membuat desainnya menjadi lebih atraktif, pemakaian LED
dapat meningkatkan kemampuan penerangan di malam hari.
2. Fitur canggih
Teknologi canggih juga
diterapkan pada panel instrumen, baik CBR250RR maupun New Ninja 250, sudah menggunakan
layar LCD pada panel instrumanntya yang menampilkan informasi lengkap seputar motor
dilayarnya.
Bicara kemudahan,
khususnya akses untuk menyalakan mesin, Ninja 250 SE ABS MDP lebih unggul karena
telah menggunakan fitur KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation
Start System). Pada dasarnya, fitur ini merupakan sistem smart key, yang
memungkinkan aktivitasi kunci utama dan stang melalui remote. Teknologi canggih
ini di adaptasi dari model sport tourer Kawasaki 1400GTR atau Concours 14.
Untuk fitur penunjang
performa berkendara, Honda CBR250RR dilengkapi 3-step Riding Mode yang membuat
pengendalian optimal di berbagai kondisi dan sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga
pilihan gaya berkendara yang bisa dipilih, yaitu “Comfort” untuk memberikan
kenyamanan, “Sport” untuk mendorong mesin menghasilkan power maksimum mengikuti
putaran gas dan “Sport+” yang menjadikan out put tenaga lebih cepat dan
responsif.
Kawaswaki Ninja 250 tidak
memiliki fitur tersebut, tapi Ninja punya slipper clutch dan assist clutch yang
membantu perpindahan gigi terasa lebih halus dan cepat, karena engine brake
yang diminimalisir. Selain itu, tuas kopling juga menjadi lebih ringan di operasikan.
Dengan penerapan fitur tersebut maka resiko ban belakang selip akibat hentakan
saat perpindahan gigi menjadi sangat minim.
3. Kaki-kaki
Honda CBR250RR menggunakan
suspensi depan teleskopik upside down yang membuat kemampuan manuvernya lebih
mantap dibandingkan Ninja 250 yang masih menggunakan suspensi teleskopik
standar.
4. Pengereman
Pada sektor pengereman,
keduanya juga sudah cukup mumpuni karena sudah sama-sama menggunakan ABS
(Anti-lock Braking System) yang membuat penghentian laju motor menjadi semakin
aman dan terhindar dari ban mengunci.
5. Knalpot
Honda CBR250RR menggunakan
knalpot model dual pipe, sedangkan Kawasaki Ninja 250 menggunakan single pipe
di ujungnya. Penggunaan knalpot model dual pipe pada Honda CBR250RR diklaim
mampu memberikan torsi optimal di berbagai rentang putaran mesin.
![]() |
Honda CBR250RR menggunakan knalpot dual pipe |
![]() |
Kawasaki Ninja 250 menggunakan knalpot single pipe |
6. Mesin
Kompresi mesin dari Ninja
versi terbaru telah ditingkatkan menjadi 11,6 : 1 dari versi sebelumnya 11,3 :
1. Torsi pun meningkat dari 2,0 N.m menjadi 2,5 N.m pada putaran mesin yang
sama yaitu 10.000 rpm. Power maksimal New Ninja 250 dicapai ketika putaran
mesin mencapai 12.500 RPM dan mungkin dapat disimpulkan jika mesin New Ninja
250 memiliki nafas yang lebih panjang dan limit RPM yang lebih tinggi.
Berikut ini performa dan spesifikasi mesin dari
All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR:
Spesifikasi mesin New Ninja 250:
- Tipe mesin:
Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
- Maksimum Power: 28.5 kW
{39 PS}/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,5
N.m {2,4 kgf.m}/10.000 rpm
- Diameter x Langkah: 62,0
x 41,2 mm
- Volume Silinder: 249 cc,
Valve System DOHC, 8 valves
- Sistem Bahan Bakar: Fuel
injection: 32 mm x 2
- Sistem Pengapian:
Digital
- Perbandingan Kompresi: 11,6
: 1
Spesifikasi mesin Honda CBR 250RR:
- Tipe Mesin: DOHC, 4
Tak, 8 Klep, 2 Silinder Segaris
- Kapasitas silinder:
249,7 cc
- Diameter x langkah: 62,0 mm x 41,4 mm
- Perbandingan Kompresi:
11,5 : 1
- Power Maksimum: 38,2 HP
(27,1 Kw atau 38,7 PS)/12.500 rpm
- Torsi Maksimum: 23,3 Nm/10.500
RPM
- Throttle Body: 32 mm x
2
Baca juga:
Perbandingan performa dan spesifikasi antara Kawasaki KLX150 dengan Honda CRF150L
Perbandingan spesifikasi dan performa mesin Yamaha R15 dan Honda CBR150R
Perbandingan spesifikasi dan performa Honda CB150R Streetfire dengan Yamaha New V-ixion
Perbandingan performa dan spesifikasi antara Kawasaki KLX150 dengan Honda CRF150L
Perbandingan spesifikasi dan performa mesin Yamaha R15 dan Honda CBR150R
Perbandingan spesifikasi dan performa Honda CB150R Streetfire dengan Yamaha New V-ixion
Demikian sedikit
informasi tentang perbandingan spesifikasi antaraAll New Kawasaki Ninja 250FI
dan Honda CBR 250RR. Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada
artikel RATU KOREX lainnya.
Semoga bermanfaat
Post a Comment for "Perbandingan spesifikasi antara All New Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250RR"