Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips sederhana untuk meningkatkan performa Yamaha Jupiter MX

Sebetulnya performa standart Jupiter MX sudah cukup lumayan jika hanya dipakai untuk harian. Tapi banyak dari pemilik Jupiter MX yang ingin membuat tarikan motornya menjadi lebih ringan.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa standart Jupiter MX tanpa harus merubah mesin standart bawaan pabrik.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan performa Jupiter MX:

• Cara pertama

Tips ini untuk meningkatkan performa motor harian atau untuk pemilik Jupiter MX yang memiliki dana minim. Caranya dengan mengganti koil standart dengan koil ori milik Honda Karisma.

Penggantian koil tersebut akan lebih efektif jika dibarengi dengan penggunaan busi NGK Platinum. Perpaduan antara koil Honda Karisma dan busi NGK Platinum akan membuat pembakaran BBM dan udara menjadi lebih optimal.

Jika ingin menaikkan Top Speed Yamaha Jupiter MX, bisa dengan mengganti gear depan menjadi 15 gigi, agar nafas motor menjadi lebih panjang.

Penggantian koil, busi, dan gear depan pada Jupiter MX sudah bisa menambah performa motor ini menjadi lebih baik dari performa standart pabrik.

• Cara kedua

Jika modifikasi di atas dirasa belum dapat memaksimalkan performa Jupiter MX, maka bisa dilakukan penggantian Noken As standart dengan Noken As milik Yamaha Vixion.

Untuk pemasangannya tidak begitu sulit karena cukup Plug and Play (PNP). Hanya saja bumbungan Noken As Jupiter MX lebih tinggi dibanding milik Yamaha Vixion. Karena itu untuk pemasangannya harus stel ulang klep untuk menyesuaikan titik mati atas dan titik mati bawah. Cara ini bisa membuat tarikan awal Jupiter MX menjadi lebih ringan.

• Cara ketiga

Agar performa Jupiter MX lebih garang, kapasitas mesinnya bisa ditingkatkan menjadi 150cc dengan mengganti satu set cylinder block Jupiter MX dengan satu set cylinder block milik Yamaha Vixion.

Untuk pemasangan cylinder block tentu tidak bisa Plug and Play (PNP) karena antara Jupiter MX dan Yamaha Vixion memiliki kapasias mesin yang berbeda.

Setelah kapasitas mesinnya menjadi 150cc, sebaiknya ganti juga CDI standart dengan CDI BRT. Pengapian yang dihasilkan dari CDI BRT Dualband biasanya lebih maju atau lebih cepat dalam proses pembakaran.

Untuk keamanan sebaiknya cek dulu warna busi setelah menggunakan CDI BRT. Kalau warna busi masih hitam berarti tidak masalah untuk mengganti koil dan busi sekalian, tapi kalau warnanya putih, lebih baik cukup menggunakan CDI BRT saja, tidak perlu mengganti busi dan koilnya.

Baca juga:

Beberapa cara untuk menambah kecepatan Honda Vario 125

Perbandingan spesifikasi dan performa Honda CB150R Streetfire dengan Yamaha New V-ixion

Kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R dibanding Suzuki Satria F150

Demikian sedikit informasi tentang "Tips sederhana untuk meningkatkan performa Yamaha Jupiter MX". Untuk informasi lain seputar Otomotif, dapat dibaca pada artikel RATU KOREX lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Yamaha Jupiter MX

Post a Comment for "Tips sederhana untuk meningkatkan performa Yamaha Jupiter MX"